TEORI BELAJAR BAHASA: Dari Model Monitor ke Akulturasi – Dr. Agus Trianto, M.Pd.; Dr. Ria Ariesta, M.Pd. (E-Book)

Rp85,000

, Product ID: 41809

Deskripsi

Teori “besar” yang paling ambisius tentang belajar bahasa adalah model monitor Krashen. Teori ini dibicarakan lebih dahulu karena memang muncul lebih dahulu dari teori lain yang dibicarakan dalam buku ini. Berikutnya membahas teori “tingkat menengah” yang memiliki perspektif lebih terbatas dibanding model monitor. Teori basantara menerapkan suatu perspektif linguistik terhadap fenomena bahasa kedua. Teori kesemestaan bahasa dan teori akulturasi/pijinisasi pada dasarnya juga teori linguistik, namun makna akulturasi mewakili upaya mempertautkan pertimbangan psikologi-sosial. Teori nativisme, pandangan Chomsky tentang belajar bahasa, mengambil perspektif yang berbeda dan memperlakukan belajar bahasa kedua sebagai pemerolehan suatu kompetensi kognitif kompleks.

Pemahaman tentang teori belajar bahasa akan memandu keberhasilan pengajaran bahasa di semua jenjang. Teori tercipta bukan hanya dari pemikiran filosofis, namun yang utama adalah didapat dari hasil penelitian yang sudah teruji. Kehebatan teori ditentukan oleh hasil pengujian yang ajeg. Dengan demikian, juga diharapkan akan munculnya teori belajar bahasa yang dihasilkan dari penelitian bahasa dan pengajaran bahasa di Indonesia.

  • Penulis: Dr. Agus Trianto, M.Pd.; Dr. Ria Ariesta, M.Pd.
  • ISBN: 978-623-372-339-8
  • Halaman: 204
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “TEORI BELAJAR BAHASA: Dari Model Monitor ke Akulturasi – Dr. Agus Trianto, M.Pd.; Dr. Ria Ariesta, M.Pd. (E-Book)”

Pin It on Pinterest

Share This