Deskripsi
Pendekatan psikolinguistik memandang belajar sebagai proses kognitif individu yang terjadi dalam diri individu, kemudian bergerak ke dimensi sosial. Sebagai pendekatan, ada beberapa metode yang dikembangkan berdasarkan teori psikolinguistik seperti metode natural, metode respon fisik total, dan metode sugestiopedia. Metode ini menerapkan prinsip-prinsip psikolinguistik bahwa bagaimana seseorang memperoleh bahasa ibu atau bahasa, mempelajari bahasa kedua atau ketiganya, mempersepsikan suatu bahasa, dan menghasilkan bahasa.
Persepsi bahasa mengacu pada mendengarkan dan membaca, sedangkan produksi bahasa mengacu pada berbicara dan menulis. Mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis disebut sebagai empat keterampilan berbahasa. Hal ini disebabkan karena dalam mempersepsi dan memahami maksud orang lain melalui bahasa verbal merupakan unsur utama yang harus di kuasai oleh manusia dalam berbahasa.
Secara khusus, psikolinguistik membantu untuk memahami kesulitan dari keempat keterampilan ini, baik yang bersifat intrinsic kesulitan dan kesulitan ekstrinsik. Psikolinguistik juga membantu menjelaskan kesalahan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran bahasa tersebut. Dalam psikolinguistik juga telah mendefinisikan ada jenis gangguan otak yang: dapat mempengaruhi suatu kinerja belajar bahasa. Psikolinguistik terutama membantu guru untuk mempertimbangkan penggunaan metode yang tepat untuk mengajarkan empat hal tersebut keterampilan bahasa.
- Penulis: Dr. Hj. Darmawati, S.Ag., M.Pd.
- ISBN: 978-623-08-0853-1
- Halaman: 110
- Ukuran: 15 x 23 cm
- Tahun Terbit: 2024
Review
Belum ada ulasan.