Model Pembelajaran Konstruktivisme – Dr. Maria Montessori M.Ed., M.Si; Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd.

Rp90,000

, , Product ID: 36731

Deskripsi

Belajar adalah proses aktif. Siswa harus aktif terlibat dalam diskusi dan kegiatan untuk membangun pengetahuan. Tidak mungkin bagi siswa untuk mengambil peran secara pasif dan menyimpan informasi. Untuk membangun ide yang bermakna, harus ada respons sensorik. Berinteraksi dengan siswa yang lain sangat penting untuk membangun pengetahuan. Kerja kelompok, diskusi, percakapan, dan interaksi, semuanya penting untuk menciptakan pemahaman.

Konstruktivisme adalah teori belajar yang memandang belajar sebagai proses mengonstruksi pengetahuan berdasarkan pengalaman. Teori pembelajaran konstruktivis sangat penting untuk memahami bagaimana siswa belajar. Gagasan bahwa siswa secara aktif membangun pengetahuan adalah pusat konstruktivisme. Siswa menambahkan atau membangun pengalaman baru mereka di atas dasar pemahaman mereka saat ini.

Salah satu model pembelajaran yang mencerminkan teori konstruktivisme adalah pembelajaran berbasis proyek atau PjBL. Istilah-istilah seperti “aktivitas belajar autentik” dan “pembelajaran langsung” umumnya direpresentasikan sebagai konstruktivisme yang percaya dan membahas pembelajaran melalui praktik yang ketat, relevan, dan langsung.

Model pembelajaran lain dari konstruktivis adalah pembelajaran berbasis masalah yang berfokus pada masalah di dunia nyata. Siswa bekerja dalam kelompok untuk meneliti solusi yang mungkin dan mendapatkan keterampilan yang berharga dengan bekerja sama. Mencari bukti, membuat koneksi, serta menarik kesimpulan sebagai tim, membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaboratif sambil memecahkan masalah dunia nyata.

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran kelompok kecil yang aktif dalam belajar dengan satu perbedaan utama dan saling ketergantungan. Sementara sebagian besar kegiatan konstruktivisme bergantung pada pembelajaran kelompok, kegiatan kooperatif adalah di mana anggota kelompok bergantung pada orang lain untuk mencapai solusi. Ada pembagian tugas dalam pembelajaran kooperatif; sebaliknya, anggota kelompok mengandalkan pengetahuan orang lain untuk memajukan pemahaman mereka sendiri.

  • Penulis: Dr. Maria Montessori M.Ed., M.Si; Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 198
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2023

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Model Pembelajaran Konstruktivisme – Dr. Maria Montessori M.Ed., M.Si; Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd.”

Pin It on Pinterest

Share This