Deskripsi
Proses pembelajaran merupakan inti terjadinya interaksi pendidik dengan peserta didik. Kemampuan guru dalam mengelola interaksi dengan peserta didik merupakan sebuah keharusan dalam menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik dan menjadi fokus pengembangan guru secara berkesinambungan. Hal ini menjadi sebuah kompetensi yang menjadi kecirian profesi guru atau yang disebut sebagai kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik dimaknai sebagai kemampuan guru yang berkaitan dengan peran sebagai perancang pembelajaran (instructional designer). Dengan kata lain, guru adalah seorang perencana, pelaksana, dan pelaku evaluasi proses pembelajaran dengan efektif. Kemampuan terkait dengan kompetensi pedagogik merupakan sebuah proses yang berkesinambungan yang perlu dilakukan untuk peningkatan mutu pembelajaran.
Buku Model dan Asesmen Profil Kepemimimpinan Pembelajaran, Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik ini dirancang berdasarkan penelitian multi tahun dan dihadirkan sebagai buku referensi yang mengetengahkan pemahaman mengenai kompetensi pedagogik, kepemimpinan pembelajaran, model kepemimpinan pembelajaran, asemen profil kepemimpinan pembelajaran, dan disertai studi kasus. Buku referensi ini perlu dimiliki sebagai jawaban atas kebutuhan dan tantangan profesi guru dan bidang keilmuan keguruan dan ilmu pendidikan agar dapat menjadi arah pengembangan berkelanjutan terhadap model kepemimpinan pembelajaran yang unggul yang disertai dengan asesmen. Tersedia aplikasi asesmen berbasis web yang dapat dimiliki secara khusus yang dapat membantu individu dan organisasi dalam mengembangkan model dan asesmen.
- Penulis: Dr. Ratnawati Susanto, S.Pd., M.M., M.Pd., CIRR.
- ISBN: 978-623-08-0741-1
- Halaman: 100
- Ukuran: 15 x 23 cm
- Tahun Terbit: 2024
Review
Belum ada ulasan.