Anak Miskin Boleh Berprestasi – Nanang Martono, dkk.

Rp80,000

, , Product ID: 24327

Deskripsi

Penelitian ini bertujuan menggambarkan usaha yang dilakukan siswa dari keluarga tidak mampu (siswa miskin) untuk bertahan melanjutkan pendidikan di SMA favorit. Siswa yang diambil sebagai informan adalah siswa yang memiliki prestasi akademik cukup baik yang ditunjukkan melalui keikutsertaanya pada kompetisi-kompetisi akademik dan nonakademik (seni dan Olah raga) di luar sekolah. Prestasi ini juga dapat diwujudkan dalam nilai rapor yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di dua “sekolah favorit” di Cilacap dan Banyumas. Subjek yang diwawancarai adalah siswa miskin yang berprestasi, serta guru di SMA yang menjadi lokasi penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa miskin adalah minoritas di sekolah favorit. Untuk itu. prestasi menjadi modal budaya mereka untuk dapat bertahan di sekolah favorit. Dengan menggunakan modal tersebut, mereka dapat mudah berinteraksi dengan teman-temannya yang mayoritas berasal dari kelas atas. Keberadaan modal tersebut seolah membuka jalan baginya untuk menjalin hubungan baik dengan guru dan juga teman-temannya. Beberapa teman meminta mereka untuk membantu mengerjakan tugas-tugas sekolah, mereka pun membaur dalam kerja kelompok. Guru pun memberikan apresiasi untuk mereka. Hal tersebut mengindikasikan bahwa prestasi kemudian juga dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan modal sosial bagi siswa miskin. Modal sosial yang dimaksud diwujudkan dalam bentuk pengakuan sosial dari teman dan gurunya.

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Anak Miskin Boleh Berprestasi – Nanang Martono, dkk.”

Pin It on Pinterest

Share This