PERANCANGAN KURIKULUM MIKRO PROFESIONALISME GURU UNTUK PENDIDIKAN BERKUALITAS – MOH. ALI, RUDI SUSILANA.

Rp116,000

, , Product ID: 29777

Deskripsi

Pendidikan berkualitas adalah pendidikan yang dapat memenuhi atau melampau kepuasan (harapan) para pemangku kepentingan. Tolok ukur pendidikan berkualitas adalah mencapai atau melampaui standar, baik nasional ataupun internasional. Di Indonesia sendiri terdapat delapan standar yang tertuang dalam standar nasional pendidikan, dengan fokus utama standar kompetensi lulusan, sedangkan standar pendidikan lain merupakan prasyarat tercapainya standar kompetensi lulusan tersebut.

Dalam hal ini, setiap guru profesional bertanggung jawab memfasilitasi peserta didik memperoleh kompetensi terkait dengan hasil mempelajari mata pelajaran yang diampunya maupun kompetensi tertentu yang menjadi bagiannya. Agar hasil belajar terencana dengan baik, terutama dikaitkan dengan standar yang menjadi patokan atau benchmark yang digunakan, baik nasional ataupun internasional, guru perlu melakukan perancangan kurikulum mikro. Perancangan tersebut dimulai dengan perumusan kompetensi, perumusan tujuan, pemilihan bahan dan sumber belajar, perencanaan proses pembelajaran, hingga penilaian.

Setiap guru profesional seharusnya memahami dan dapat melakukan perancangan kurikulum mikro agar dapat berkontribusi terhadap terwujudnya pendidikan berkualitas. Selain itu, perlu juga pemahaman tentang berbagai teori, konsep, dan prinsip terkait. Inilah kajian utama yang menjadi isi dari buku ini, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan nasional melalul profesionalisme guru dalam merencanakan pembelajaran dengan menerapkan teori dan konsep perancangan kurikulum mikro.

  • Penulis: Mohammad Ali, Rudi Susilana.
  • ISBN: 978-623-231-878-6
  • Halaman: 302
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Terbit: Cetakan 1, Tahun 2021.

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “PERANCANGAN KURIKULUM MIKRO PROFESIONALISME GURU UNTUK PENDIDIKAN BERKUALITAS – MOH. ALI, RUDI SUSILANA.”

Pin It on Pinterest

Share This