Sosiologi Pendidikan – Abdullah Idi

Rp96,000

Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam praktiknya sosiologi pendidikan sangat terkait erat dengan sekolah,  khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat, termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan.

Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan.

Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian, para pendidik diharapkan dapat mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta berbagai  dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan berdampak positif dalam proses pembelajaran.

Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan pendidikan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu Pendidikan dan tentu saja bagi para praktisi pendidikan.

  • Penulis: Abdullah ID
  • ISBN: 978-979-769-350-3
  • Halaman: 384
  • Tahun Terbit: 2011
, Product ID: 6710

Pin It on Pinterest

Share This