Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-views-Setyo Tri Wahyudi

Rp79,000

Buku berjudul “Ekonometrika” memang telah banyak beredar, dan mudah diperoleh di berbagai toko buku offline maupun online. Namun tidak banyak buku Ekonometrika yang mampu membuat pembaca mengerti dan memahami apa yang dibaca kemudian menerapkannya dalam penelitian empiris. Hadirnya buku edisi revisi dari buku pertama berjudul Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-Views merupakan bukti bahwa telah banyak pembaca yang terbantu dalam memahami konsep dasar Ekonometrika.

Buku ini mencoba menjelaskan konsep-konsep penting Ekonometrika dengan format penulisan sederhana supaya mempermudah pembaca memahami berbagai konsep dasar Ekonometrika, serta memberikan petunjuk teknis mengenai bagaimana penerapan konsep tersebut menggunakan software E-Views sebagai sarana pembelajaran. Penggunaan software E-Views karena memiliki fitur dan fasilitas yang mendukung dalam pengaplikasian konsep-konsep Ekonometrika, sehingga dengan membaca buku ini pembaca akan memperoleh pemahaman lebih baik dalam mempelajari dan menerapkan Ekonometrika secara mandiri.

Pada edisi kedua ini, ditambahkan dua (2) bab baru yakni Bab Memahami Model Ekonometrika dan Bab Model Regresi Panel Data. Selain itu, setiap bab yang ada di buku edisi awal, dilakukan penambahan narasi dan penjelasan, sehingga semakin mempermudah pembaca memahami konsep penting. Topik yang dibahas dalam buku ini secara umum terbagi menjadi 2 (dua) meliputi (i) pemahaman konsep dan (ii) penerapan. Pada bagian awal, penjelasan dimulai dengan memberikan pemahaman dasar mengenai Ekonometrika, dilanjutkan dengan bagaimana mengoperasikan software E-Views. Kemudian, dijelaskan pula mengenai konsep-konsep dasar di Statistika seperti Analisis Korelasi, Analisis Regresi serta Pengujian Hipotesis. Berikutnya, konsep Asumsi Klasik sebagai bagian penting dalam model regresi, dijelaskan secara sederhana dan spesifik. Di bagian akhir, penulis menjelaskan mengenai pengujian tentang kebaikan model meliputi Multikolinearitas, Autokorelasi, dan Heteroskedastisitas yang dibahas secara lebih detail menggunakan software-EViews. Secara detail, penjelasan dan pembahasan dalam buku ini terdiri dari:

Bab 1      : Pengenalan Ekonometrika

Bab 2      : Mengenal Program E-Views

Bab 3      : Memahami Model Ekonometrika

Bab 4      : Analisis Korelasi

Bab 5      : Analisis Regresi

Bab 6      : Memilih Model Regresi

Bab 7      : Pengujian Hipotesis

Bab 8      : Asumsi Klasik

Bab 9      : Multikolinearitas

Bab 10    : Autokorelasi

Bab 11    : Heteroskedastisitas

Bab 12    : Model Regresi Panel Data

Buku ini sangat cocok dibaca dan dijadikan bahan acuan bagi Mahasiswa maupun Peneliti yang memiliki ketertarikan terhadap pendekatan kuantitatif, khususnya mengenai konsep-konsep penting dalam Ekonometrika serta bagaimana menggunakan software E-Views dalam menerapkan berbagai konsep penting tersebut.

Penulis: Setyo Tri Wahyudi

ISBN: 978-623-231-354-5

Ukuran: 15 x 23 cm

Halaman: 260 halaman

Tahun: 2020

, , Product ID: 20974

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Konsep dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-views-Setyo Tri Wahyudi”

Pin It on Pinterest

Share This