Filsafat Hukum – Muhamad Erwin

Rp166,000

Dengan memahami filsafat hukum akan menuntut masyarakat, kalangan akademisi, praktisi dan regulator hukum untuk menggunakan akal dan hatinya dengan berpikir mendalam, bertanya dan menggali kembali apa-apa yang diperlukan untuk membuat suatu kerangka hukum yang kokoh, yang mengedepankan tujuan adanya hukum, sumber-sumber hukum serta poros yang menjadi garis lingkar hukum agar tetap edar pada tempatnya.

Dari buku ini penulis mengajak pembaca untuk melihat lebih jeli, dalam dan jauh mengenai hakikat hukum, mengetahui kebenaran, keadilan, kemanusiaan, nilai, etika dan moral di balik hukum, mencari mulai dari yang terbuka sampai kepada yang masih tersembunyi di dalam hukum, serta memahami hukum sebagai pertimbangan nilai dan postulat, hingga untuk kembali pada suatu kesadaran, memenuhi hukum-Nya.

Kehadiran buku yang ditulis oleh Muhamad Erwin ini paling tidak telah berupaya mengurangi kesan sebagian orang bahwa filsafat hukum itu menakutkan, sulit dipahami dan hanya untuk orang-orang tertentu saja. Lebih jauh lagi, buku ini memiliki misi bahwa dengan merenungi nilai-nilai dasar dalam hukum, maka dapatlah dipahami untuk bagaimana menjalankan hukum itu secara adil.

Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D.

(Ketua Ombudsman Republik Indonesia)

Bentangan sajian dalam buku yang ditulis oleh Muhamad Erwin ini adalah sebuah karya yang membuat khazanah filsafat hukum itu mengalir sebagai kekayaan secara teks dan tidak miskin secara konteks. Buku ini begitu memandu pembacanya untuk mulai berangkat dari titik kesadaran atas hubungan manusia dengan filsafat, kemudian menjelajahi hamparan konstelasi filsafat dengan menengok filsafat nilai dan filsafat tingkah laku sebagai sesepuhnya filsafat hukum, lalu bergemerusuk ke dalam ontologi hukum, epistemologi hukum, aksiologi hukum, dan teleologi hukum, ideologi hukum, dan berikutnya dibunyikan ke tataran aplikasi dengan menghubungkan antara hukum itu dengan keadilan, hak dan kewajiban, kebebasan dan tanggung jawab, kekuasaan, kemanusiaan, kebenaran, suara hati, hingga berhembuslah  mutiara-mutiara filsafat hukum tersebut ke tataran hakikat hukum Indonesia dalam konstruksi filsafat hukum Pancasila serta persoalan-persoalan hukum kontemporer di Indonesia termasuk perihal etika profesi penegak hukum sehingga menjadikan karya ini begitu komprehensif secara filosofis dan karenanya layak untuk dijadikan panduan dalam mata kuliah Filsafat Hukum.

Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si.

(Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila Jakarta)

Buku ini menjadi pengantar yang kokoh untuk mempelajari filsafat hukum karena tidak saja bersandar pada sendi-sendi filsafat hukum dari puing-puing pemikiran barat, tetapi mengimbanginya dengan fondasi penting filsafat hukum dari sudut Islam. Itulah keistimewaan buku ini!

Yance Arizona, S.H., M.H.

(Direktur Epistema Institute dan

Dosen Program Studi Hukum, President University)

  • Penulis: Muhammad Erwin
  • ISBN: 978-979-769-366-2
  • Halaman: 540
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
  • Cetakan: 6, 2018
, , Product ID: 6355

Pin It on Pinterest

Share This