VALIDITAS DAN RELIABILITAS ALAT UKUR PSIKOLOGI – Ahmad Saifuddin

Rp108,000

, , Product ID: 27745

Deskripsi

Validitas dan reliabilitas adalah dua hal penting yang menjadi indikator kualitas alat ukur psikologi. Akan tetapi, keduanya masih kurang mendapatkan perhatian. Selain itu, keduanya juga masih sering disalahpahami. Oleh karena itu, penting untuk menjabarkan mengenai validitas dan reliabilitas secara tepat agar dipahami oleh banyak orang. Selain itu, penjelasan mengenai validitas dan reliabilitas juga diperlukan agar para peneliti dapat mencapai validitas dan reliabilitas yang diinginkan. Dengan demikian, data yang dihasilkan dari alat ukur tersebut akan dapat mencapai kecermatan dan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Buku yang berjudul “Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur Psikologi” disusun sebagai referensi sederhana bagi para mahasiswa dan peneliti terkait kebutuhannya untuk mencapai validitas dan reliabilitas yang bagus.

Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Bab 1 diawali dengan pembahasan mengenai pengukuran dalam bidang psikologi serta uraian singkat mengenai definisi validitas dan reliabilitas. Dilanjutkan dengan bab 2 yang membahas mengenai konsep validitas dan reliabilitas dalam teori skor-murni klasik. Pada bab ini kemudian dijelaskan bahwa terdapat berbagai jenis validitas dan pendekatan reliabilitas. Kemudian, bab 3 membahas mengenai penjelasan lengkap tentang validitas isi, validitas konstruk, dan validitas kriteria yang disusul bab 4 yang mempelajari mengenai berbagai permasalahan dan solusi di seputar validitas. Adapun bab 5 beranjak membahas reliabilitas pendekatan tes ulang dan pendekatan bentuk paralel, bab 6 mempelajari reliabilitas konsistensi internal (menjelaskan tentang berbagai formula untuk menghitung koefisien reliabilitas), bab 7 mempelajari reliabilitas dan situasi khusus (skor komposit, skor perbedaan, dan hasil rating), serta bab 8 membahas permasalahan dan solusi di seputar reliabilitas. Buku ini diakhiri dengan bab 9 tentang pembahasan analisis aitem, termasuk menghitung daya beda aitem, indeks validitas aitem, indeks reliabilitas aitem serta bab 10 yang membahas berbagai penemuan dalam penghitungan validitas dan reliabilitas.

Buku ini mencoba menjadi yang berbeda dengan buku sejenis lainnya. Penulis mencoba menyajikan contoh data dalam bentuk QR Barcode yang bisa dipindai dan diunduh oleh para pembaca untuk latihan menghitung validitas dan reliabilitas alat ukur. Maka dari itu, dalam buku ini disertakan langkah-langkah untuk menghitung apapun yang dibutuhkan dalam validitas dan reliabilitas. Selain itu, buku ini memuat pembahasan dari beragam masalah yang sering muncul dalam tema validitas dan reliabilitas.

 

Penulis: Ahmad Saifuddin

ISBN: 978-623-231-579-2

Ukuran: 15 x 23 cm

Halaman: 314 halaman

Tahun: 2021

 

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “VALIDITAS DAN RELIABILITAS ALAT UKUR PSIKOLOGI – Ahmad Saifuddin”

Pin It on Pinterest

Share This