Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam (Edisi Kedua) – Abdul Mujib

Rp139,000

Para psikolog dalam melakukan interpretasi tes-tes psikologi terhadap kliennya terkadang memerankan diri sebagai Tuhan. Sang psikolog memberikan alat tes tertentu, padahal melalul tes tersebut sang psikolog hanya mengetahui kepribadian luarnya saja. Ironisnya, teori kepribadian yang dihasilkan dari eksperimen budaya Barat tersebut, bahkan “budaya” binatang (karena eksperimen Barat mayoritas menggunakan binatang), banyak dijadikan pisau analisis dalam melihat perilaku umat Islam. Hasilnya, paradigma Psikologi Kepribadian Barat banyak yang gagal menjelaskan perilaku umat Islam.

Dalam konteks saat ini membangun paradigma Psikologi Kepribadian Islam tidak bisa ditunda-tunda lagi. Banyak fenomena umat Islam, seperti perilaku radikalisme agama, bom bunuh diri (yang populer dengan istilah “bom syahid”), maraknya jamaah zikir dan muhasaboh, puasa selama sebulan di bulan Ramadhan, dan lain-lain. Dalam perspektif Barat hal tersebut merupakan patologis, tetapi dalam Psikologi Kepribadian Islam bisa saja diyakini sebagai salah satu perilaku yang mencerminkan aktualisasi diri atau realisasi diri.

Buku ini penting bukan hanya sebagai buku teks bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan atau Psikologi di UIN, IAIN, dan STAIN, tetapi juga bagi para peneliti, pengamat dan praktisi yang bergerak dalam masalah Psikologi Kepribadian Islam. Fokus kajiannya membahas berbagai permasalahan dalam Psikologi Kepribadian Islam mulai dari: dasar-dasar pemahaman kepribadian Islam, struktur kepribadian Islam, dinamika kepribadian Islam, tipologi kepribadian Islam, kepribadian mukmin, kepribadian Muslim, kepribadian muhsin, gangguan kepribadian dalam Psikologi Islam, dan pengembangan kepribadian Islam.

Sebagian besar isi buku ini sama dengan edisi pertama, namun atas permintaan dari beberapa pakar, ada beberapa revisi, terutama tentang paradigma psikologi Islam di bab pendahuluan dan blue print bentuk-bentuk kepribadian muhsin, agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penelitian.

  • Penulis: Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.Si.
  • ISBN: 9786024250676
  • Halaman: 410
  • Ukuran: 15.5 x 23 cm

Stok 129

, , Product ID: 7519

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam (Edisi Kedua) – Abdul Mujib”

Pin It on Pinterest

Share This