Teknik-Teknik Konseling Kelompok: Dasar Teori, Langkah Operasional, dan Lembar Kerja – Abdullah Pandang; Suciani Latif; Akhmad Harum

Rp157,000

, Product ID: 42448

Deskripsi

Buku berjudul Teknik-Teknik Konseling Kelompok: Dasar Teori, Langkah Operasional, dan Lembar Kerja ini bisa dirampungkan sebagai adanya sekarang. Buku ini berisi uraian sejumlah 20 teknik bimbingan-konseling dari berbagai pendekatan (behavioristik, kognitif, Eksistensial, dan post-modern) disertai penjelasan latar teori, serta langkah-langkah operasional penggunaanya dalam setting kelompok, plus lembar kerja yang diperlukan.

Buku ini terdiri 20 Bab yang dimulai dengan topik Konsep dan strategi umum BK Kelompok. Pada Setiap Bab buku ini menjelaskan mulai dari Latar belakang teori, Prosedur penggunaan, langkah-langkah operasional dan daftar referensi. Secara spesifik Bab 1 Teknik Kontrak perilaku,  Bab 2: Teknik Self Managemet, Bab 3: Teknik Modeling langsung, Bab 4 Teknik modelling Simbolis, Bab 5 Teknik Relaksasi, Bab 6 Teknik Latihan Asertif, Bab 7 Teknik Disputasi kognitif REBT, Bab 8 Teknik Reframing Kognitif CBT, Bab 9 Teknik Stress Inoculation Training, Bab 10 Self Talk, Bab 11 Teknik Kursi Kosong, Bab 12 Teknik WDEP, Bab 13 Teknik Johari Window, Bab 14 Teknik Psikodrama, Bab 15 Teknik Sosiodrama, Bab 16 Teknik Logoterapi, Bab 17 Teknik SFBC, Teknik Terapi naratif, Bab 19 Teknik Terapi menulis Ekspresif, Bab 20 Teknik Terapi Senin Ekspresif.

Secara spesifik Buku ini menjelaskan setiap Teknik yang mencakup penjelasan mengenai latar belakang teori yang mendasari setiap teknik penggunaan setiap Teknik. Prosedur pelaksanaan setiap teknik diuraikan secara praktis, operasional, dan relatif rinci tahap-demi-tahap. Uraian pada tiap teknik hanya pada aktivitas dalam komponen kegiatan inti, sementara aktivitas dalam komponen pendahuluan (pembentukan kelompok dan transisi) serta komponen pengakhiran (terminasi) tidak dijelaskan secara khusus pada uraian setiap metode/Teknik.

Setiap teknik yang diuraikan dalam buku ini dilengkapi dengan contoh format work-sheet (lembar kerja konseli/peserta didik), dan pada beberapa teknik dilampirkan juga instrumen pendukung yang diperlukan. Buku ini menggunakan format konseling kelompok terutama penerapannya, namun konselor  tetap dapat menggunakan mekanisme yang diuraikan pada setiap teknik dalam format konseling individual dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. Buku ini pula Aktivitas kelompok yang diuraikan dapat dihilangkan dan atau diadopsi menjadi aktivitas dialog konselor-konseli. Terakhir Aktivitas yang diberikan pada setiap teknik menggunakan strategi active-counseling dan couselee-centered yang mengacu pada pendekatan saintifik, konstruktivistik, dan eksperiensial.

  • Penulis: Abdullah Pandang; Suciani Latif; Akhmad Harum
  • ISBN: 978-623-08-0907-1
  • Halaman: 370
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Teknik-Teknik Konseling Kelompok: Dasar Teori, Langkah Operasional, dan Lembar Kerja – Abdullah Pandang; Suciani Latif; Akhmad Harum”

Pin It on Pinterest

Share This