Sukuk Hijau di Indonesia: Teori, Regulasi, dan Praktik – Dr. Indra Gunawan

Rp108,000

, Product ID: 40526

Deskripsi

Sukuk Hijau (Green Sukuk) merupakan instrumen inovatif keuangan Syariah yang telah menjadi perhatian global. Instrumen ini dapat diterbitkan oleh Negara (Sovereign Green Sukuk) dan Perusahaan atau Korporasi (Corporate Green Sukuk). Pengembangan instrumen ini sejalan dengan tujuan-tujuan ditegakkannya Syariah (Maqoshid as Syariah) yaitu menjaga generasi manusia yang akan datang dari efek destruktif karena adanya fenomena pemanasan global (global warming) yang diakibatkan oleh emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Karbon dioksida dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam, merupakan salah satu kontributor penting kenaikan suhu global, perubahan cuaca ekstrem, dan naiknya permukaan laut. Disamping itu, masalah lingkungan lainnya yang berpotensi merusak keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia telah menjadi isu global.

Dunia bisnis termasuk sektor keuangan harus menyesuaikan dengan kondisi perubahan iklim ini. Bisnis perlu berpikir ulang agar dapat bertahan di tengah ketidakseimbangan lingkungan yang berdampak pada perekonomian dan bahkan kelangsungan hidup umat manusia. Salah satu solusinya adalah model pendanaan yang berbasis kelestarian lingkungan termasuk pembiayaan hijau (green financing) dimana salah satunya adalah Sukuk Hijau.

Buku ini memberikan perspektif terkait dengan teori keuangan Syariah terutama yang berkaitan dengan Sukuk sebagai alternatif dari obligasi konvensional. Disamping itu, regulasi Sukuk Hijau khususnya di Indonesia dielaborasi secara sistematis termasuk didalamnya bagaimana mengaplikasikan Kerangka Hijau (Green Frameworks) sebagai acuan dalam penerbitan Sukuk Hijau baik oleh Pemerintah maupun Perusahaan atau Korporasi. Selanjutnya, Buku ini membahas bagaimana implementasi Sukuk Hijau terutama di Indonesia terutama projects-projects Nasional yang dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Umat Islam dan Perekonomian Nasional secara umum.

  • Penulis: Dr. Indra Gunawan
  • ISBN: 978-623-08-0454-0
  • Halaman: 180
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2023

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Sukuk Hijau di Indonesia: Teori, Regulasi, dan Praktik – Dr. Indra Gunawan”

Pin It on Pinterest

Share This