PENGUATAN BIMBINGAN KONSELING PERKAWINAN: ADAT ISTIADAT PERKAWINAN SUKU-SUKU DI KEPULAUAN RIAU – Azni

Rp83,000

Deskripsi

Dulu, istilah konseling atau bimbingan dan konseling hanya untuk persoalan yang berkaitan dengan masalah psikologis. Sekarang pendekatan ini dapat dilakukan pada ranah persoalan dalam perkawinan. Bimbingan dan Konseling perkawinan merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan oleh institusi keagamaan seperti Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kantor Kementerian Agama Kota dan Kabupaten dalam mengatasi persoalan-persoalan rumah tangga dalam masyarakat.

Buku ini merupakan kumpulan dari makalah-makalah diskusi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam untuk matakuliah fiqh perkawinan atau bimbingan konseling Islam.  Kenapa pendekatan materi ini  adat istiadat perkawinan suku-suku di provinsi Riau ? jabawannya adalah sebagai calon konselor di bidang perkawinan, mahasiswa seyogyanya memiliki pengetahuan yang baik  tentang latar belakang adat istiadat referensi perkawinan itu dilaksanakan  klien dan filosofisnya, sehingga menjadi bahan mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan dalam perkawinan yang dihadapkan kepada konselor nantinya.

Adapun adat istiadat perkawinan suku-suku yang ditampilkan adalah adat istiadat perkawinan dari suku-suku yang ada dan terkenal di provinsi Riau, baik dari Riau Lautan maupun Riau Daratan seperti ; Suku Melayu, Suku Akit, Suku Talang Mamak, Suku Sakai, Suku Jawa, Suku Minang, Suku Bugis, Suku Aceh, Suku Batak dan lain-lain.

Dimaklumi bahwa prosesi adat istiadat perkawinan suku-suku mungkin tidak lengkap atau tidak sesempurna sebagaimana aturan adat-istiadat yang sebenarnya, atau sajian dan sadurannya mungkin ada kemiripan dengan tulisan dan hak cipta orang lain,  ini kami sadari. Oleh karenanya kritikan dan masukan yang konstruksi pada buku ini sangat kami tunggu untuk menuju kesempurnaan yang dimaksud, dan terambilnya tulisan orang lain semoga menjadi amal jariyah baginya sebagai ilmu yang bermanfaat yang terus disebarluarkan. Amin ya Rabbal Alamin.

  • Penulis: Azni
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 200
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “PENGUATAN BIMBINGAN KONSELING PERKAWINAN: ADAT ISTIADAT PERKAWINAN SUKU-SUKU DI KEPULAUAN RIAU – Azni”

Pin It on Pinterest

Share This