PENDIDIKAN ISLAM Perspektif Moderasi Sosio-Religius dalam Beragama dan Bernegara – Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag.

Rp146,000

, , , Product ID: 34058

Deskripsi

Sebagaimana diungkap dalam salah satu hadis: “Addabany Rabbi, Fa ahsani Ta’diiby” (Tuhanku yang mendidikku dan membaguskan akhlakku). Sejatinya, sistem pendidikan Islam adalah sistem yang mengacu kepada pemahaman adanya format pendidikan yang berasaskan Islam dan/atau bernuansa Islami untuk mewujudkan nilai-nilai Islam dalam program, proses, dan aktivitas pembelajaran. Globalisasi dan dampaknya dalam dunia pendidikan dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang semakin ketat diharapkan tenaga kerja Indonesia dapat bersaing di pasar dunia. Peran para pendidik dalam mendidik anak tentu harus diarahkan dalam rangka mengembangkan potensi/talenta anak secara maksimal dan menyiapkan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran sehingga tercapai kedewasaan yang maksimal (intelektualitas, moralitas, estetika, spiritualitas) bahwa fungsi pendidikan Islam dapat memberi nilai hidayah yaitu:

  1. Hidayah kepada iman.
  2. Hidayah kepada penggunaan akal pikiran dan kalbu.
  3. Hidayah kepada akhlak mulia.
  4. Hidayah ke arah perbuatan saleh.

 

Moderasi Islam hadir sebagai wacana atau paradigma baru terhadap  pemahaman keislaman yang menjunjung tinggi nilai-nilai tasamuh Islam yang mengedepankan persatuan dan kesatuan umat, dan Islam yang membangun peradaban dan kemanusiaan. Moderasi Islam diharapkan mampu membawa wajah Islam yang hancur akibat konflik menjadi lebih baik, toleran, aman, damai, dan tenteram. Sehingga nantinya mampu bersaing dalam kancah dunia global.

Di era globalisasi adalah realitas yang harus kita hadapi sekarang, perubahan-perubahan terus berlangsung. Hal ini juga berdampak pada pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. Tak dapat dihindari bahwa pendidikan agama Islam juga dituntut untuk melakukan perubahan yang sangat signifikan. Walaupun arus globalisasi bukan salah satu tantangan terberat dalam pendidikan agama Islam, namun haruslah diperhatikan di tengah derasnya arus globalisasi, haruslah tetap merujuk dan didasari oleh Al-Qur’an, hadis, ijma’, dan qiyas. Upaya strategis dan memperkokoh sumber daya umat Islam dalam berbagai aspek yang harus ditanamkan nilai-nilai agamis, akhlak, dan moralitas secara istikamah dan terukur.

Di zaman yang modern ini, sebuah pendidikan adalah sesuatu yang wajib kita miliki untuk mengarungi berbagai ancaman negatif yang masuk ke dalam negeri. Oleh karena tanpa adanya pendidikan yang kita miliki, maka kita akan mudah terjerumus dalam era globalisasi negatif. Untuk itu kita haruslah mempunyai pendidikan sebagai bekal kita untuk memilih dan memilah berbagai arus yang masuk dalam zaman modern ini. Sesungguhnya tugas pendidikan Islam adalah untuk meraih kembali kejayaan Islam sebagai sistem dan peradaban dengan melahirkan para ulama dan ilmuwan seperti pada saat zaman keemasan Islam.

Achmad Ruslan Afendi

  • Penulis: Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 360
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “PENDIDIKAN ISLAM Perspektif Moderasi Sosio-Religius dalam Beragama dan Bernegara – Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag.”

Pin It on Pinterest

Share This