PARADIGMA BARU ASSESSMENT BAHASA ARAB DI INDONESIA Konvensional Menuju Digital – Mustamin Fattah; Nur Fuadi Rahman

Rp63,000

, , , Product ID: 33964

Deskripsi

Penggunaan digital assessment dalam proses evaluasi menujukkan tren hasil yang positif, hal ini terbukti dengan berhasilnya implementasi digital assessment dalam menggantikan assessment berbasis Paper based test. Digital assessment juga sangat cocok untuk assessment formatif dan summatif. Melalui teknologi yang berkembang dengan pesat, proses assessment berbasis digital bisa dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh atau assessment online/daring, sehingga dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan disepakati.

Proses Assessment menggunakan digital assessment akan lebih kredibel, objektif. Karena dalam proses koreksi jawaban siswa, tidak melibatkan guru, namun secara langsung system yang akan bekerja, sehingga menjauhkan dari sikap subjektifitas guru kepada siswa. Kredibilitas dan objektifitas pada digital assessment akan membuat proses assessment tersebut menjadi adil bagi siswa. Tidak hanya itu, dari aspek estetika, digital assessment memiliki tampilan dan macam-macam variasi soal yang tersedia, sehingga membuat proses assessment menarik dan menyenangkan. Kelebihan digital assessement tersebut, serta kemudahan dalam pengerjaannya akan menjauhkan rasa stress pada siswa, sehingga dapat memberi motivasi, meningkatkan kinerja belajar dan sikap.

Sudah saatnya pembelajaran Bahasa Arab mengadopsi evaluasi berbasis digital atau digital assessment dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab yang salah satu faktornya adalah evaluasi yang baik. Buku ini hadir menyajikan berbagai konsep teoritik dan praktis assessment konvensional dan digital, transformasi assessment bahasa Arab di Indonesia dari konvensional ke digital, dan berusaha memaparkan peluang dan tantangan pengembangan digital assessment Bahasa Arab di Indonesia.

  • Penulis: Mustamin Fattah; Nur Fuadi Rahman
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 122
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “PARADIGMA BARU ASSESSMENT BAHASA ARAB DI INDONESIA Konvensional Menuju Digital – Mustamin Fattah; Nur Fuadi Rahman”

Pin It on Pinterest

Share This