Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah – Abh Rahman A Ghani

Rp79,000

Perubahan dan pengembangan dalam dunia pendidikan adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Ia sudah menjadi keniscayaan. Terlebih di tengah situasi dan kondisi seperti sekarang ini yang ditandai dengan perkembangan ilmu dan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan telah membuat perubahan menjadi lebih cepat dari yang bisa dibayangkan. Dampak  atas perkembangan tersebut telah merasuk ke berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari yang masih usia sekolah hingga usia senja, mulai dari  yang di kota hingga ke pelosok desa.

Di tengah situasi dan kondisi tersebut, akankah sekolah pada khususnya –dan dunia pendidikan pada umumnya—hanya jadi penonton dan penikmat di tengah hiruk pikuk perubahan?

Memang kehidupan sosial kemasyarakat selalu lebih dinamis dari pada kelembagaan pendidikan seperti sekolah. Sekolah khususnya, dan seluruh civitas pendidikan pada umumnya, bahwa “bukan sekedar perubahan, namun perubahan yang disadari dan  terencana itulah yang perlu dilakukan bagi pengembangan dan perbaikan dunia pendidikan;” juga bukan hanya retorika atau teori yang terus digelorakan untuk bisa menghasilkan suatu perubahan, namun aksi dan tindakan yang nyata, walaupun sederhana, itulah yang akan menghasilkan perubahan secara lebih riil. Dasar-dasar teoritik penting sebagai basis epistemologis maupun aksiologis tindakan, namun semua itu harus implemented dan bisa dipertanggungjawabkan. Satu hal lagi, untuk bisa lebih efektif dalam melakukan perubahan, maka asas partipatoris menjadi hal yang penting juga diperhatikan. Salah satunya adalah dengan melakukan Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian yang merupakan turunan dari Action Research yang dirintis dan dipelopori oleh Kurt Lewin pada awal abad ke-20 ini memang penting dan seharusnya dibudayakan di lingkungan pendidikan. Pendidikan perlu menjadi pelopor, bahwa suatu perubahan akan efektif jika dilakukan secara partispatoris, sistemik dan terencana dengan baik.

Buku ini dimaksudkan untuk memberi dasar teoritik dan panduan tentang pelaksanaan Penelitian Tindakan sebagai upaya merancang suatu perubahan dan pengembangan Sekolah.

  • Penulis: ABH RAHMAN A GHANI
  • ISBN: 978-979-769-773-0
  • Halaman: 262
  • Tahun Terbit: 2014
, Product ID: 6584

Pin It on Pinterest

Share This