Metodologi Penelitian Pendidikan Islam – Dr. Saprin, M.Pd.I.; Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I.; Dr. H. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M.

Rp74,000

, Product ID: 38619

Deskripsi

Pendidikan Islam yang berlangsung di berbagai lembaga pendidikan Islam, beraksentuasi pada nilai yang bersumber dari ajaran Islam sebagai pencirinya, merupakan lingkup yang dapat diteliti, baik dengan penelitian kualitatif maupun dengan penelitian kuantitatif.

Penelitian merupakan kegiatan ilmiah untuk memperoleh data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Sebagai kegiatan ilmiah, penelitian pendidikan Islam sepatutnya memiliki landasan ilmiah yang disebut teori, dan dibuktikan dengan data.

Pendidikan Islam sebagai ilmu terapan, berimplikasi pada penelitian pendidikan Islam yang mengutamakan penelitian terapan yang bertujuan memecahkan permasalahan yang signifikan dan berkembang di dalam masyarakat sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan individu atau kelompok.

Penelitian pendidikan Islam berproses melalui langkah-langkah yang sistematis, terdiri atas perencanaan penelitian sebagai kerangka acuan bagi peneliti untuk melakukan penelitian; pelaksanaan penelitian dengan mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data sebagai dasar bagi peneliti untuk menarik kesimpulan; dan publikasi hasil penelitian yang disusun dalam bentuk laporan penelitian, atau artikel yang termuat pada jurnal pendidikan Islam.

Penciri buku metodologi penelitian pendidikan Islam ini adalah setiap topik bahasan dilengkapi dengan tabel yang berisi rangkuman yang disertai contoh untuk memudahkan pembaca memahami dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

  • Penulis: Dr. Saprin, M.Pd.I.; Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I.; Dr. H. Muhammad; Ridwan Rumasukun, S.E., M.M.
  • ISBN: 978-623-08-0219-5
  • Halaman: 148
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2023

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Metodologi Penelitian Pendidikan Islam – Dr. Saprin, M.Pd.I.; Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I.; Dr. H. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M.”

Pin It on Pinterest

Share This