MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Terintegrasi Islam – Dr. Tuti Andriani, M.Pd.; Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag.

Rp109,000

Deskripsi

Manajemen sumber daya manusia telah berkembang sejak lama seiring manusia hidup berorganisasi. Perkembangan manajemen sumber daya manusia berawal dari revolusi industri yang terjadi di Inggris yang kemudian semakin menjalar ke berbagai belahan dunia. Menjalarnya dampak revolusi industri dimanifestasikan dengan banyak berdirinya perusahaan besar yang bergerak di bidang perekonomian dan perdagangan. Hal ini menunjukkan kuatnya pengaruh dari perkembangan manajemen, khususnya manajemen sumber daya manusia. Frederick Taylor mengemukakan bahwa manajemen ilmiah sebagai usaha untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan produktivitas tenaga kerja.

Buku ini menjelaskan tentang konsep, ruang lingkup dan fungsi manajemen sumber daya manusia terintegrasi secara Islam. Secara garis besar buku ini memaparkan berbagai unsur dalam manajemen sumber daya manusia secara komprehensif dan dilengkapi dengan prinsip Islam meliputi:; Konsep dasar manajemen SDM, ruang lingkup SDM, analisis kerja yang dibutuhkan SDM, perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, penempatan, kompensasi, training and development, peningkatan karir, penilaian kinerja, hubungan pekerja manajemen tindakan disiplin serta hak-hak pekerja. Buku ini tentunya masih terdaapat kekurangan dari berbagai konsep dan aspek. Namun buku ini diharapkan mampu memotivasi karya-karya berikutnya untuk mengkaji secara lebih dalam bidang manajemen khususnya manajemen sumber daya manusia dari sudut pandang Islam.

Terbitnya buku ini tentunya mampu menambah khazanah referensi tentang manajemen sumber daya manusia khususnya yang berbasis integrasi Islam. Perkembangan ilmu tentang manajemen sumber daya manusia terintegrasi islam telah menempatkan pekerja bukan hanya sebagai manusia yang bekerja untuk mendapatkan upah, namun juga manusia bermartabat sebagai makhluk Allah SWT yang mengabdikan kehidupannya dalam bekerja dan berorganisasi.

Selanjutnya buku ini layak menjadi rujukan bagi mahasiswa, dosen dan praktisi di bidang manajemen khususnya manajemen sumber daya manusia atau bidang keilmuan lain yang terkait dalam mempraktekkan secara terintegrasi antara manajamen secara umum dengan perspektif Islam baik di dalam lembaga pendidikan, publik maupun perusahaan.

  • Penulis: Dr. Tuti Andriani, M.Pd.; Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 276
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Terintegrasi Islam – Dr. Tuti Andriani, M.Pd.; Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag.”

Pin It on Pinterest

Share This