KELAHIRAN PREMATUR FAKTOR RESIKO DAN KOMPLIKASI – dr. Darmawansyih, M.Kes

Rp75,000

Deskripsi

Kehamilan adalah fertilisasi atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum serta dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Lamanya kehamilan mulai dari ovulasi sampai partus adalah kira-kira 280 hari, dan tidak lebih 300 hari (43 minggu). Kehamilan 40 minggu ini disebut matur (cukup bulan). Bila kehamilan lebih dari 43 minggu disebut kehamilan postmatur, sedangkan kehamilan antara 28 dan 36 minggu disebut kehamilan prematur.

Masih tingginya persalinan prematur menjadi salah satu penyumbang tingginya angka mortalitas dan morbiditas anak. Kematian perinatal akibat bayi prematur terjadi hingga 75% dan 60%, di antaranya adalah bayi dengan persalinan usia gestasi <32 minggu. Persalinan prematur menjadi penyebab paling banyak bayi dengan berat badan lahir rendah yang akan memiliki risiko tinggi terhadap komplikasi-komplikasi neonatorum.

Angka persalinan prematur masih sangat tinggi tak hanya di negara-negara berkembang, namun juga tetap terjadi pada negara-negara maju. Meski demikian, di negara maju peluang bertahan hidup anak dengan kelahiran prematur lebih tinggi dibandingkan dengan negara berkembang. Hal ini dikaitkan dengan sumber daya manusia dan fasilitas yang tersedia.

Buku ini menyajikan bahasan tentang sebuah kejadian persalinan prematur, penyebab dan komplikasi-komplikasinya, dengan berisikan mengenai: kehamilan dengan IUD (Intra Uterine Device), Ketuban Pecah Dini (KPD), persalinan prematur, pemeriksaan fisik neonatus, bayi berat lahir rendah, Respiratory Distress Syndrome (RDS), displasia broncopulmonar, Anemia of Prematurity (AOP), perdarahan intraventrikular, infeksi Covid-19 pada neonatus, Retinopathy of Prematurity (ROP)/ retinopati prematuritas, tumbuh kembang bayi prematur, pemenuhan nutrisi bayi prematur, hernia inguinalis, hidrokel, dan gastroenteritis akut.

  • Penulis: dr. Darmawansyih, M.Kes
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 166
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “KELAHIRAN PREMATUR FAKTOR RESIKO DAN KOMPLIKASI – dr. Darmawansyih, M.Kes”

Pin It on Pinterest

Share This