Kalender 2 Abad Hijriyah Masehi 1347–1552 H = 1928–2128 M – Dr. Drs. Sofwan Jannah, M.Ag.; Dr. Anisah Budiwati, M.S.I.

Rp149,000

, , Product ID: 41867

Deskripsi

Buku ini menggambarkan bagaimana hubungan antara kalender Masehi dan Hijriyah dalam hitungan angka. Sejarah, dasar hisab maupun penjelasan pola perhitungan awal bulan dalam kalender masehi dan kalender hijriyah dibahas secara tuntas. Ciri khusus dari buku ini adalah konversi sebagai kata kunci untuk mengkaitkan dua kalender dan manfaatnya dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Tentu buku ini dapat memberikan informasi praktis untuk mengetahui dua tanggal (dalam kalender hijriyah dan masehi) sekaligus.

Secara praktis, buku yang merupakan kumpulan data hasil perhitungan dengan basis kalender Masehi dan kalender hijriah ini menyajikan angka yang memuat urutan hari, tanggal, bulan dan tahun untuk memprediksi jatuhnya awal-awal bulan hijriyah dan hari-hari besar Islam. Pembaca dapat menggunakan secara langsung buku ini mengetahui konversi tanggal hijriyah ke masehi.

Bagi para peminat dan pecinta ilmu falak dan tidak membatasi kepada para pembaca secara umum bahwa buku ini mudah untuk diaplikasikan sebagai dasar pembelajaran tentang kalender Islam yaitu kalender hijriyah maupun kalender masehi. Selain itu penggunaan nama pasaran yang diterapkan pada kalender Islam Jawa yaitu legi, pahing, pon, wage dan kliwon menjadi bagian dari perhitungan yang dibahas dalam buku ini. Hanya saja hisab yang digunakan dalam perhitungan ini, menggunakan Hisab Urfi yang diciptakan oleh Khalifah Umar bin Khattab, dengan memakai kaidah perjalanan rata-rata bulan mengelilingi bumi. Dengan demikian, hasilnya terkadang berbeda dengan hasil perhitungan dengan hisab hakiki, meskipun selisihnya hanya satu hari. Oleh karena itu hasil perhitungan yang tertulis dalam buku ini belum dapat dijadikan pedoman untuk melakukan aktifitas ibadah seperti untuk penentuan awal bulan Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha.

  • Penulis: Dr. Drs. Sofwan Jannah, M.Ag.; Dr. Anisah Budiwati, M.S.I.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 360
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Kalender 2 Abad Hijriyah Masehi 1347–1552 H = 1928–2128 M – Dr. Drs. Sofwan Jannah, M.Ag.; Dr. Anisah Budiwati, M.S.I.”

Pin It on Pinterest

Share This