PENGANTAR METODOLOGI STUDY SEJARAH PERADABAN ISLAM

Rp102,000

Salah satu bidang ilmu keislaman yang telah sekian lama berkembang adalah Sejarah Islam. Bidang keilmuan ini kemudian disebut Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan juga Sejarah Peradaban Islam (SPI) atau Sejarah dan Peradaban Islam (SPI)—dua  istilah yang digunakan oleh ahli sejarah dan perancang kurikulum hingga saat ini. Pembahasan buku  ini terdiri dari beberapa bab dan sub bahasan yang saling terkait mulai dari periode awal Islam di jazirah Arab, setelah sebelumnya dibahas  makna sejarah dan metodologi sejarah sebagai pijakan teoretik, serta refleksi tentang sejarah peradaban Islam termasuk gambaran umum periodisasi sejarah Islam dan tawaran konsep kurikulum SPI di perguruan tinggi. Sebagai bukti pengorbanan Nabi Muhammad Saw. dalam sejarah Islam, maka diurai bab tentang rekonstruksi sejarah peradaban Islam klasik hingga berakhir periode khalifah empat. Adapun periode berikutnya sebagai implikasi  sejarah.

Hadirnya buku sederhana ini, didorong oleh kenyataan bahwa belum banyaknya rujukan atau literatur yang secara spesifik mengkaji Sejarah Peradaban Islam. Di beberapa toko buku apalagi perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia, jumlah kajian tersebut belum signifikan. Terlebih buku pegangan/diktat kuliah mahasiswa sangat terbatas. Mereka sering kali bingung mencari literatur Sejarah Islam; Sejarah Peradaban Islam. Dosen bidang studi tersebut terkadang tidak tergerak menulis buku panduan sebagai pengembangan silabus. Apalagi menulis buku teks mata kuliah. Tampaknya agak sedikit mustahil—sebuah situasi yang terkadang mengusik ghirah akademik penulis dan menghambat penguatan pendidikan di negeri ini. Sekalipun ada, tapi beberapa literatur yang digunakan bukan sumber primer dan sekunder, dan bahan tersebut sangat deskriptif uraiannya, tidak sesuai muatan kajiannya dengan pokok bahasan perkuliahan.

Diharapkan kehadiran buku ini dapat dijadikan bahan perbandingan bagi tenaga pengajar di Perguruan Tinggi untuk kepentingan pengembangan materi Sejarah Peradaban Islam dan juga sebagai motivasi bagi para dosen dan mahasiswa serta tenaga akademik lain dalam melakukan ukiran sejarah baru dalam kaitannya dengan penulisan buku sejarah.

Buku ini dapat digunakan mahasiswa dalam beberapa fakultas pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), Seperti UIN, IAIN, STAIN, dan PTAIS. Termasuk berbagai Perguruan Tinggi Umum dan Universitas yang memiliki jurusan dan program studi sejarah, lebih spesifik sejarah kawasan Arab.

  • Penulis: RUSYIDI SULAIMAN
  • ISBN: 978-979-769-717-4
  • Halaman: 400
  • Tahun Terbit: 2014
, Product ID: 6107

Pin It on Pinterest

Share This