Neuropsikolinguistik – Arifuddin

Rp81,000

Neuropsikolinguistik adalah gabungan dari dua disiplin yaitu Neurolinguistik dan Psikolinguistik. Keduanya menjadi satu dalam buku ini. Neurolinguistik merupakan kajian mengenai landasan biologis bahasa dan mekanisme otak yang berperan dalam pemerolehan dan penggunaan bahasa. Psikolinguistik adalah kajian mengenai faktor psikologis dan neurobiologis yang memungkinkan manusia memperoleh, menggunakan, dan memahami bahasa. Dari gabungan dua cabang ilmu tersebut, maka lahirlah Neuropsikolinguistik yang menelaah peran otak dalam pemerolehan, produksi, pemrosesan, gangguan bahasa, dan studi interdisipliner tentang bahasa otak secara umum.

Dalam buku ini dibahas secara gamblang tentang Hakikat Neuropsikolinguistik; Otak Manusia dan Hewan; Area Bahasa Otak Manusia; Bahasa Tanda; Pemerolehan Bahasa; Produksi, Persepsi, dan Pemahaman Ujaran; Bahasa dan Memori; Bahasa dan Pikiran; Kecerdasan dan Bahasa; Gangguan Bahasa; Melipatgandakan Kecepatan Membaca; Teknik Kajian Neuropsikolinguistik.

Buku ini merupakan acuan pokok mahasiswa S1, S2, dan S3 Jurusan Linguistik, Pendidikan Bahasa (Bahasa Indonesia dan bahasa asing), Biologi, Kedokteran (khususnya Neurologi), dan Psikologi. Buku ini juga bermanfaat bagi para peneliti bahasa, neurolog, serta masyarakat pemerhati peran otak dalam pemrosesan dan gangguan bahasa.

  • Penulis: Arifuddin
  • ISBN: 978-979-769-285-8
  • Halaman: 360
  • Tahun Terbit: 2010

Pin It on Pinterest

Share This