Manajemen Indonesia: Strategi Mengelola Karyawan dalam Perspektif Budaya Nasional

Rp84,000

Buku ini memberikan sebuah gambaran bahwa praktik manajemen tidak bisa lepas dari budaya yang ada di masyarakat, di mana “software of the mind” meminjam istilah populer Hofstede, harus diperhitungkan dalam pengambilan keputusan manajerial. Diperlukan sebuah mekanisme dalam melakukan adopsi ataupun adaptasi terhadap praktik manajemen yang bersumber dari buku teks asing, yaitu dengan memerhatikan pengaruh budaya lokal agar betul-betul sesuai dengan kondisi sebenarnya di masyarakat.

Sikap kritis terhadap praktik manajemen asing diperlukan karena terbukti bahwa manajemen tidak bisa dilepaskan dari unspoken assumption, yaitu budaya nasional yang memang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Kritis bukan berarti menolak, tetapi lebih pada sikap menyaring, yaitu mengambil yang sesuai dan membuang yang tidak diperlukan. Jika selama ini Indonesia mutlak sebagai konsumen produk ilmu manajemen Amerika maka tidak ada salahnya jika dilakukan pula pengkajian mendalam terhadap ilmu dari negara-negara yang tergolong maju, yaitu ilmu manajemen Jepang, Korea, India ataupun ilmu manajemen Cina. Dengan mempelajari berbagai ilmu manjemen tersebut diharapkan sebagai dorongan motivasi untuk mencari ilmu manajemen yang khas Indonesia dan sekaligus bisa memberikan keunggulan.

Di era globalisasi terlebih hadirnya ASEAN Economic Community (AEC), buku ini diharapkan juga bisa memberikan manfaat. Bagi perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, buku ini memberikan gambaran bagaimana agar budaya lokal (host country) dipertimbangkan secara mendalam karena sangat berpengaruh terhadap sebagian besar sikap para pekerja lokal. Beberapa kebijakan manajemen bisa jadi tetap mengacu pada perusahaan induknya (home country) namun beberapa praktik seperti career development dan compensation sangat terikat dengan budaya lokal sehingga perlu modifikasi kebijakan dengan mempertimbangkan value pekerja lokal tersebut agar didapatkan kinerja terbaik.

  • Penulis: Dr. Suharnomo, S.E., M.Si.
  • ISBN: 9786024250089
  • Halaman: 316
  • Ukuran: 15,5 X 23 cm
  • Tahun Terbit: 2016
Categories: , , Product ID: 6032