Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif – Zulhannan

Rp70,000

Buku ini terdiri dari tujuh Bab berbicara tentang Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Bab Pertama. mengkaji Konseptual Bahasa Arab mencakup: Terminologi Bahasa Arab; Urgensi Bahasa Arab; Fungsi Bahasa Arab; Karakteristik Bahasa Arab; dan Bahasa Arab Fushadan ‘Amiyah. Berikutnya Bab Kedua. berbicara tentang Beberapa Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab meliputi: Pendekatan Struktural: Pendekatan Fungsional: Pendekatan Komunikatif; Pendekatan Berbasis Media; Pendekatan Humanistik: Pendekatan Aural Oral: serta Pendekatan Analisis dan Non Analisis, adapun metodologi pembelajaran bahasa arab yang ditampilkan adalah Metode

Gramatika-Tarjaman; Metode Komunikatif; Metode Analisis Konstrastif dan Metode Analisis Komparatif. Selanjutnya Bab Ketiga. mengekspresikan Beberapa Terminologi, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab. Beberapa terminologi dimaksud, terdiri dari Empat Keterampilan Berbahasa; Partikulasi Bahasa Arab; Pendekatan (Approach/Madkhal); Metode (al-Thariqah); Teknik dan Media Pembelajaran. Sednagkan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab, mencakup: Sistem Integrasi dan Sistem Separasi, berikutnya prinsip pembelajaran bahasa arab terdiri dari: Prinsip Prioritas; Prinsip Akurasi; Prinsip Gradasi; Prinsip Motivasi dan Prinsip Validasi. Bab Keempat. mengungkapkan Teknik Pembelajaran Keterampilan dan Unsur Bahasa Arab, meliputi: Teknik Pembelajaran Keterampilan Menyimak: Keterampilan Berbicara: Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis; Teknik Pembelajaran Kosakata (Mufradat); Pembelajaran Gramatika; Pembelajaran  Gramatika Fungsional; dan Teknik Pembelajaran Bunyi  Bahasa (al-Ashwat). Sedangkan Bab Kelima, menampilkan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, mencakup: Tujuan dan Fungsi Evaluasi; Beberapa Prinsip Evaluasi Bahasa; Beberapa Kriteria Tes yang Baik; Jenis Tes Bahasa Berdasarkan Bentuknya; dan Evaluasi Kurikulum Skill Bahasa. Adapun Bab Keenam, menelisik Bahan AJar Komunikatif Model al-‘Arabuyah Baina Yadaik, mencakup: Terminologi Bahan Ajar,; Macam-macam Bahan ajar; Kriteria Pemilihan Bahan ajar; Model Bahan ajar Bahasa rab Komunikatif, berikutnya pembelajaran komunikatif terdiri dari: Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif: Desain Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif; Langkah-langkah Pembelajaran Bahasa Arab komunikatifl dan Implementasi pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif. Bab Terakhir buku ini memaparkan Teknik Pembelajaran Interaktif Melalui Profesionalisme Dosen, meliputi: Profesionalisme Dosen Bahasa Arab, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interakti; Empat Model Keterampilan Berbahasa Arab; Pengembangan Teknik Pembelajaran Unsur Bahasa; dan  Pengembangan Teknik Pembelajaran Keterampilan Berbahasa.

  • Penulis: ZULHANNAN
  • ISBN: 978-979-769-716-7
  • Halaman: 234
  • Tahun Terbit: 2014
, Product ID: 6572

Pin It on Pinterest

Share This