MEDIA SOSIAL – Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., dan Tim

Rp75,000

Deskripsi

Media social merupakan sebuah gagasan revolusioner yang muncul diakhir abad ke-19. Untuk pertama kalinya, gagasan terkait jejaring digital dikemukakan oleh Samuel F.B. Morse melalui temuannya ‘telegraf’. Dalam perkembangannya media social bertranformasi menjadi platform teknologi digital yang memberikan ruang para penggunanya bukan hanya untuk mengakses, tetapi juga membagikan informasi berupa tulisan, gambar, suara, dan video. Fasilitas teknologi ini kemudian mencipatkan ruang-ruang virtual yang memungkinkan para penggunakanya untuk berinteraksi secara dinamis melalui fitur-fitur yang telah disediakan tersebut.

Buku ini merupakan salah satu bentuk luaran dari kegiatan penelitian penulis yang bertajuk integrasi media sosial dalam pembelajaran digital melalui telepon pintar sebagai alterantif menciptakan lingkungan pembelajaran otentik yang didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2019 dan 2020.

Sebagai salah satu bentuk luaran penelitian, materi yang disajikan dalam buku ini merupakan pelengkap dari dua artikel yang sebelumnya telah terbit, yaitu: artikel yang berjudul “The use of social media platform to promote authentic learning environment in higher education setting” yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi Science for Education Today, volume 10 issue 2, halaman 105–123, dan artikel yang berjudul “The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia” diterbitkan dalam Heliyon, volume 7 issue 8. Dalam buku ini, uraian-urian terkait media social, teori keberterimaan teknologi dan integrasinya dalam kegiatan pembelajaran, diskusi terkait dengan lingkungan pembelajaran otenti dan masalah terkait aspek perilaku disajikan secara lebih mendetail dan komprehensif.

Secara spesifik, diskusi terkait integrase media social dalam kegiatan pembelajaran bukan hanya diulas dalam aspek bagaimana teknologi digital tersebut digunakan dalam kelas pembelajaran, tetapi jauh yang lebih penting, adalah bagaimana teknologi media social tersebut dapat memberikan ruang terciptanya lingkungan pembelajaran otentik. Buku ini disajikan dalam lima bab uraian, yang dimulai dari pengenalan terkait media social dan bagaimana aplikasi teknologi ini dapat diterima penggunaannya oleh masyarakat pendidikan. Bab selanjutnya menjelaskan proses integrasi media social dalam kegiatan instruksional, khususnya dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran digital. Uraian selanjutnya difokuskan pada peran media social dalam menciptkan lingkungan pembelajaran otentik, dan ditutup dengan diskusi terkait masalah kesopanan dalam interaksi digital di media social.

 

  • Penulis: Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., dan Tim
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 160
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “MEDIA SOSIAL – Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum., dan Tim”

Pin It on Pinterest

Share This