Kimia Fisika – H. Asri Saleh, S.Si., M.T.

Rp84,000

, , Product ID: 41865

Deskripsi

Ilmu kimia merupakan cabang ilmu yang bersentuhan langsung dengan dunia peternakan, khususnya dalam unggas. Campuran bahan ransum yang dilengkapi dengan zat makanan utama, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral, serta kandungan serat kasarnya rendah. Komponen antinutrisi pada pakan diantaranya tanin, saponin, inhibitor protease, lektin, alkaloid, asam oksalat, asam fitat, glukosinolat, asam amino bukan protein, nitrit, nitrat, gosipol, forbol ester, dan glukosida sianogenik (sianogen)

Penyakit yang sering menyerang ternak ayam secara umum berdasarkan penyebabnya dapat dikelompokkan menjadi cekaman (stress), defisiensi zat makanan, parasit, penyakit karena protozoa, penyakit karena bakteri, penyakit karena virus, dan penyakit karena cendawan.

Kadar amonia di atas ambang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan saluran pernafasan. Kadar amonia udara diatas 50 ppm akan menghambat pertumbuhan dan apabila terjadi kontak dalam jangka waktu yang lama 25 menyebabkan ternak tersebut mudah terserang pneumonia dan penyakit pernafasan lainnya. Apabila kadar amonia disekitar kandang berkisar antara 50-100 ppm akan dapat menekan pertumbuhan ayam sebesar 15%.

Topografi Tanah Lapang Lokasi pendirian kandang hendaknya juga mempertimbangkan topografi tanah. Tanah yang lapang sangat diperlukan untuk sirkulasi kandang yang baik. Banyaknya penghalang dalam kandang akan berakibat tidak lancarnya sirkulasi udara. Sirkulasi kandang yang tidak bagus akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan ternak.

Kandang harus dikondisikan sedemikian rupa agar dapat menciptakan rasa nyaman bagi ayam-ayam yang ada di dalamnya. Selain itu, kandang juga harus dibuat untuk melindungi ayam dari pengaruh cuaca (panas, dingin, maupun angin) serta pengaruh binatang atau manusia.Usahakan bila mungkin sinar matahari pagi masuk ke dalam kandang.

Penggunaan sistem kandang closed house pada ayam pedaging atau broiler lebih bagus hasil produksinya daripada ayam petelur dengan sistem yang sama. Kandang tertutup ternak bisa mengantisipasi segala musim. Perbedaan musim panas dan musim penghujan dapat diatasi dengan penggunaan kandang close house. Kepadatan kandang untuk ayam broiler di Indonesia adalah 10 ekor/m2. Kepadatan itu merupakan kepadatan ketika ayam masuk masa akhir.

  • Penulis: H. Asri Saleh, S.Si., M.T.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 164
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2024

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Kimia Fisika – H. Asri Saleh, S.Si., M.T.”

Pin It on Pinterest

Share This