Filsafat Islam – Sirajuddin

Rp88,000

Filsafat Islam memiliki karakteristik yang berbeda dengan filsafat mana pun di dunia. Lahirnya filsafat didasarkan pada Al-Qur’an sebagai sumber dorongan dan sumber informasi. Akan tetapi, kebanyakan orang sering salah pengertian terhadap filsafat Islam. Mereka mengira pembicaraan filsafat Islam bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis. Padahal, yang dibicarakan di dalamnya adalah masalah-masalah yang tidak ditemukan penegasannya dalam Al-Qur’an dan Hadis (zhanny al-dalalah). Dengan kata lain, filsafat dari filosof Muslim ini dapat disebut hasil ijtihad, sama posisinya dengan hasil ijtihad ahli fikih dalam bidang hukum Islam dan termasuk kebudayaannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, melalui buku ini penulis ingin meluruskan kesalahan pengertian di atas dengan memperkenalkan bentuk, sifat, dan watak filsafat Islam dengan analisis yang tajam dan informasi yang mendasar. Selain itu, di dalam buku ini juga diuraikan tentang para filosof Muslim klasik, di antaranya Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Razi, Al-Ghazali, dan lain-lain dengan sejarah, hidup, dan hasil karyanya.

Buku ini sangat penting dibaca oleh mahasiswa perguruan tinggi, terutama mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam sebagai buku pokok. Buku ini pun bisa dibaca masyarakat umum yang ingin memperdalam masalah filsafat Islam untuk menambah wawasan mengenai kebudayaan Islam.

  • Penulis: Sirajuddin Zar
  • ISBN: 979-3654-35-x
  • Halaman: 288
  • Tahun Terbit: 2010
, , Product ID: 6064

Pin It on Pinterest

Share This