Etika Jurnalisme Prinsip-prinsip Dasar – Zulkarimein Nasution

Rp59,000

Seperti bidang profesi lainnya, profesi di bidang jurnalisme juga membutuhkan etika. Etika dibutuhkan dalam jurnalisme agar berita yang disampaikan ke publik dapat dipertanggungjawabkan dan tidak melanggar ketentuan etik jurnalisme. Oleh karena itu, dalam melakukan aktivititas jurnalistik nilai-nilai atau prinsip-prinsip seperti akurasi, objektivitas, keseimbangan, independensi, akuntabilitas kepada publik dan sebagainya menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Buku ini memaparkan perihal etika jurnalisme. Di bagian awal buku ini, pembaca akan disajikan pemaparan mengenai pengertian dan makna etika dan pentingnya peran etika dalam bidang jurnalisme. Setelah itu, berlanjut kepada pemaparan mengenai hubungan etis jurnalisme dengan publik, keprofesian dan etika jurnalisme, dan prinsip-prinsip utama etika jurnalisme. Di bagian akhir buku ini, pembaca akan disuguhkan pula pemaparan ihwal pelanggaran etika profesi jurnalisme (baik untuk kasus di Indonesia maupun di luar negeri) serta pemaparan mengenai tantangan yang dihadapai oleh etika jurnalisme.

Buku ini dapat menjadi dibaca oleh para mahasiswa khususnya yang sedang menempuh pendidikan di bidang ilmu komunikasi atau juga ilmu jurnalistik. Selain itu, dapat dibaca pula oleh para jurnalis, pemerhati bidang jurnalisme maupun pemilik media.

  • Penulis: Zulkarimein Nasution
  • ISBN: 9789797698706
  • Halaman: 198
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2015
, Product ID: 6473

Pin It on Pinterest

Share This