Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi – Veithzal Rivai

Rp132,000

Di lingkungan masyarakat dan di lingkungan organisasi—baik formal maupun non formal—selalu ada seseorang yang dianggap lebih dari yang lain, orang seperti itu pada umumnya disebut sebagai pemimpin. Eksistensi seorang pemimpin mutlak diperlukan dalam kehidupan yang bermasyarakat, berbudaya dan berbangsa. Untuk itulah banyak orang yang memerlukan figur pemimpin. Seorang pemimpin perlu tampil mewakili kelompoknya sebagai tempat pengambilalihan risiko bila terjadi tekanan terhadap suatu kelompok dan sebagai tempat untuk meletakkan kekuasaan.

Dari kata pemimpin itu kemudian muncul istilah kepemimpinan. Diketahui bersama bahwa masalah kepemimpinan sama tuanya dengan sejarah manusia. Untuk itu, selain memahami pemimpin kita perlu mengetahui, apakah kepemimpinan itu? Bagaima- nakah kepemimpinan itu? Dan untuk apa kepemimpinan itu?

Buku ini merupakan acuan dan referensi utama bagi para organisatoris, Mahasiswa S1 & S2 baik dari Perguruan Tinggi Umum atau Agama, serta para pengamat kepemimpinan umumnya. Dalam edisi ketiga ini penulis memperkaya buku ini dengan beberapa penjelasan tambahan serta beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits sebagai upaya mengungkapkan keagungan ajaran-ajaran Allah Subhanahuata’ala.

Prof. Dr. Veithzal Rivai Zainal, S.E., M.M., MBA Guru Besar Universitas Trisakti ini, juga sebagai Ketua Pusat Kajian Ekonomi Islam (PKEI) Universitas Trisakti, sebagai Cendekiawan Muslim beliau sosok yang tekun, gigih, sebagai penulis produktif menguasai dengan baik disiplin ilmu dan diramu dengan pengalaman profesional yang luas dan beragam. Beliau juga ekonom yang Guru Besar dalam Ilmu Manajemen serta Konsultan Manajemen, lahir 16 Oktober 1947 di Sungai Penuh–Kerinci-Jambi. Pendidikan S1 bidang ekonomi, S2 bidang Marketing dan Manajemen Sumber Daya Manusia serta S3 dalam Ilmu Manajemen. Memulai karier di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (1969-1975), UNDP (1975-1976), Bank Mandiri (1976-1999). Beliaupun sudah sangat lama didaulat sebagai Guru Besar Program Pascasarjana PSTTI Universitas Indonesia; Universitas Sumatera Utara, IAIN Palembang; UIN Suska Pekanbaru; IAIN Sumatera Utara; UNPAD; Universitas Jambi dan Program Doktor UNPAD; Program Doktor Ekonomi Islam Universitas Airlangga serta Guru Besar Tamu di Malaysia.

Muliaman Darmansyah Hadad, S.E., MPA., Ph.D. dilahirkan di Bekasi pada tanggal 3 April 1960. Masuk Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1979 mengambil Jurusan Studi Pembangunan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1984, yang merupakan salah satu lulusan tercepat diangkatannya. Pada tahun 1990 mengambil pendidikan S2 di John F Kennedy School of Government, Harvard University, USA dan memperoleh gelar Master of Public Administration pada tahun 1991. Selanjutnya pada tahun 1996, Ia mendapatkan gelar Doctor of Philosophy dari Faculty of Bussines and Economics, Monash University, Australia. Mulai berkarya di Bank Indonesia pada tahun 1986 sebagai staf umum di Kantor Bank Indonesia cabang Mataram. Pada tahun 2003 ia diangkat sebagai Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan dan sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan sejak tahun 2005. Saat ini ia juga aktif dalam kepengurusan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai Sekjen, dan dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, S.E., M.Si. adalah seorang ekonom yang lahir di Makassar pada 26 Agustus 1954. Setelah lulus dari Akademi Teknologi Industri meniti karier di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Selatan sampai tahun 1981, setahun setelah meraih gelar sarjana ekonomi. Sejak 1981 beralih profesi menjadi dosen tetap pada Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Selama meniti karier di UMI pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor I (1984-1994), Direktur Program Pascasarjana (1995-1998) dan rektor (1997-2002 dan 2002-2003), terakhir menjabat sebagai Ketua Badan Pembina Yayasan UMI hingga sekarang. Pada tahun 2004 mendapat amanah menjadi rektor Universitas Islam Makassar (UIM).

  • Penulis: Prof. Dr. Veithzal Rivai
  • ISBN: 978-979-769-482-1
  • Halaman: 460
  • Ukuran: 16 X 24 cm
, Product ID: 6011

Pin It on Pinterest

Share This