TAFSIR PENDIDIKAN ISLAM – Dr. Akmal Rizki Gunawan Hsb, M.A.

Rp115,000

Deskripsi

Buku ini memuat sekian persoalan atas pandangan secara umum terhadap lembaga pendidikan Islam yang masih mengalami stagnasi bahkan dekadensi dalam pengelolaan mutu pendidikan. Padahal jika ditelaah secara mendalam, para ahli sepakat bahwa Al-Qur’an dan Hadis adalah sumber pendidikan. Bahkan, pendidikan ditempatkan sebagai bagian dari misi Rasulullah Saw. yang utama dalam mengajarkan dan menyebarkan risalah yang diamanahkan Allah Swt. kepadanya.

Paling tidak, ada dua hal penting tentang isyarat Al-Qur’an mengenai pentingnya pendidikan. Pertama, Al-Qur’an mengabarkan bahwa Islam merupakan agama literasi (baca QS. Al-Baqarah/2: 31). Kedua, Islam merupakan agama yang memelopori integrasi, ilmu pengetahuan, baik ilmu umum maupun ilmu agama (QS Al-Alaq/96: 1 dan QS Fushilat/41: 53). Lebih lanjut, lewat metode tafsir maudhu’i Al-Farmawi buku Tafsir Pendidikan Islam Problematika, Kajian Teoretis, dan Kajian Al-Qur’an ini menyajikan khazanah isu-isu seputar pendidikan tentang kewajiban belajar-mengajar, basis ideologi pendidikan, tujuan pendidikan, term-term pendidikan, kurikulum pendidikan, metode pembelajaran, figur pendidikan ideal, dan figur peserta didik ideal.

Melalui buku ini, Dr. Akmal Rizki Gunawan Hsb berupaya mengurai berbagai pembahasan dikemas secara sistematis dan mudah dipahami, dari mulai kajian problematik, kajian teoretis, tafsir tentang ayat-ayat seputar pendidikan, dan diakhiri dengan nilai-nilai pendidikan yang dapat diimplementasikan dalam konteks Indonesia.

  • Penulis: Dr. Akmal Rizki Gunawan Hsb, M.A.
  • ISBN: xxxx
  • Halaman: 280
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2022

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “TAFSIR PENDIDIKAN ISLAM – Dr. Akmal Rizki Gunawan Hsb, M.A.”

Pin It on Pinterest

Share This