Asuransi Gizi Klinik: Konsep dan Kajian Kasus – Anugrah Novianti dan Sri Iwaningsih

Rp87,000

Gizi merupakan fondasi penting bagi tubuh manusia dan merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup seseorang. Kecukupan gizi yang baik membuat sistem tubuh seseorang dapat melakukan kegiatan dan kerja dengan baik, melakukan metabolisme, melindungi tubuh dari penyakit baik yang menular maupun yang tidak menular. Namun, tidak bisa hanya gizi saja yang bekerja di dalam tubuh, melainkan ada faktor pendukung lain yang membantu serta memacu kerja gizi salah satunya adalah gaya hidup yang baik.

Jika tubuh mengalami ketidakseimbangan antara gaya hidup dan asupan gizi maka akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh seperti kejadian sindrom metabolik, stunting, kekurangan energi kronik dan masalah gizi lainnya.

Tentunya tidak hanya membutuhkan asuhan gizi terstandar saja dalam menyelesaikan suatu permasalahan gizi, melainkan membutuhkan dukungan dan pelayanan gizi yang baik dan berkualitas.

Pelayanan gizi yang berkualitas di rumah sakit terkait penyembuhan dan preventif terhadap suatu masalah gizi ini tentu memerlukan kerja sama antara  Ahli Gizi, Tim Asuhan Gizi, dan Pasien dalam mewujudkan tujuan untuk mengurangi dan mencegah risiko permasalahan gizi pada pasien selama dirawat. Pemberian pelayanan secara klinis dengan baik yang diterima oleh pasien menjadi kunci utama untuk memaksimalkan proses penyembuhan pasien. Tentunya pemberian pelayanan tersebut harus melalui Proses Asuhan Gizi Terstandar atau PAGT, yang dilakukan dengan 4 (empat) langkah, yaitu Asesmen, Diagnosis, Intervensi, serta Monitoring, dan Evaluasi (ADIME). Pemberian asuhan gizi terstandar ini dilakukan pada pasien secara individu untuk mendapatkan data pasien secara mendetail terkait masalah gizi yang dialaminya.

Untuk itu, di dalam buku ini menjelaskan dengan detail terkait asuhan gizi terstandar yang sudah dilengkapi dengan langkah-langkah mulai dari Asesmen, Diagnosis, Intervensi, serta Monitoring, dan Evaluasi dengan contoh kasus-kasus beserta penyelesaiannya yang berkaitan dengan kasus klinis. Buku ini juga disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca seperti dosen, ahli gizi terutama bagi mahasiswa yang sedang mempelajari tentang proses asuhan gizi terstandar, dietetik penyakit menular maupun tidak menular.

  • Penulis: Anugrah Novianti, S.Gz., M.Gizi., Sri Iwaningsih, S.K.M., M.A.R.S.
  • ISBN: 978-623-231-901-1
  • Ukuran: 13,5 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2021
  • Cetakan: Pertama, 2021

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Asuransi Gizi Klinik: Konsep dan Kajian Kasus – Anugrah Novianti dan Sri Iwaningsih”

Pin It on Pinterest

Share This