Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U.

Moh. Mahfud MD adalah guru besar Hukum Tata Negara yang mem- fokuskan perhatiannya pada persoalan politik hukum. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi setelah sebelumnya menjadi anggota DPR pada tahun 2004–2008 serta menjadi Menteri Pertahanan dan Menteri Kehakiman-HAM pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid (1999–2001).

 

Dilahirkan di Madura pada tanggal 13 Mei 1957, Mahfud MD memulai pendidikan dasar dan menengah pertamanya di Pamekasan dengan merangkap belajar di sekolah negeri dan madrasah diniyyah di pondok pesantren al-Mardhiyyah (Waru). Pendidikan menengah atasnya ditempuh di Yogyakarta, yakni Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN). Pada tahun 1978, Mahfud MD masuk ke Fakultas Hukum (Jurusan Hukum Tata Negara) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan melanjutkan ke program pascasarjana (S2) dalam Ilmu Politik di Universitas Gadjah Mada (UGM). Derajat doktor (S3) dalam Ilmu Hukum Tata Negara diraihnya dari UGM pada tahun 1993 dengan disertasi tentang politik hukum. Jabatan akademik tertinggi (profesor) diraih Mahfud MD pada tahun 1999, hanya dalam waktu 12 tahun menjadi dosen di Fakultas Hukum UII Yogyakarta.

 

Sebagai akademisi, Mahfud MD telah menulis belasan buku dan ratusan makalah serta artikel dalam bidang Hukum Tata Negara. Hingga saat ini, di sela-sela kesibukannya sebagai pejabat negara, ia tetap aktif mengajar program pascasarjana (S-2 dan S-3) di berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Islam Indonesia (UII), Universitaas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Lampung (Unila), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan lain-lain.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest