Transportasi Penyeberangan – Iskandar Abubakar, dkk

Rp65,000

Salah satu moda transportasi di Indonesia adalah Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Dilihat dari sudut pandang historis, ASDP bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Sejak lama, bahkan sebelum masa kolonial, penghuni Nusantara sudah akrab menggunakan angkutan sungai danau sebagai alat transportasi penyeberangan dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu contohnya, rakit bambu. Seiring waktu, moda transportasi ASDP ini bertumbuh dan berkembang atau tidak terbatas pada rakit bambu semata. Maka muncullah moda transportasi ASDP lainnya serupa perahu lesung, sampan hingga perahu boat yang menggunakan tenaga mesin di era modern saat ini.

Buku ini tidak cuma membicarakan ASDP dari segi sejarah dan per- kembangannya. Tetapi, segi-segi di luar itu juga diperbincangkan. Umpamanya, mengenai lintas penyeberangan, pengetahuan ihwal kapal penyeberangan, pelabuhan penyeberangan, hingga standar minimal pelayanan terkait transportasi penyeberangan ASDP.
Buku ini tidak hanya dapat dibaca oleh kalangan mahasiswa, namun juga dapat dibaca oleh kalangan seperti pemerintah atau pemerhati transportasi khususnya yang berkonsentrasi pada ASDP. Oleh karena itu, di samping dapat menyebarkan ilmu dan pengetahuan terkait ASDP, kehadiran buku ini diharapkan bisa pula mendorong pengembangan ASDP lebih gencar lagi di sebagian besar wilayah Indonesia.

  • Penulis: Iskandar Abubakar, dkk
  • ISBN: 978-979-769-590-3
  • Halaman: 256
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2013
, Product ID: 6839

Pin It on Pinterest

Share This