Suatu Pengantar Pelayaran Perairan Daratan – Iskandar Abubakar

Rp62,000

Pelayaran perairan daratan belum digunakan secara maksimal di Indonesia, pemanfaatannya masih sangat minim. Padahal peluang untuk pemanfaatannya baik untuk tujuan angkutan barang, penumpang, pariwisata masih terbuka sangat luas, sangat murah untuk angkutan barang dalam jumlah yang besar seperti yang mulai dikembangkan di pulau Kalimantan dan Sumatera untuk angkutan hasil tambang khususnya batubara dan produk pertanian.

Pelayaran sungai dan danau mempunyai peran penting dalam pengangkutan barang/perdagangan, hasil pertanian, peternakan/perikanan, hasil kerajinan dan hasil hutan juga merupakan salah satu komoditas utama yang diangkut melalui pelayaran perairan daratan.

Pelayaran melalui sungai dan danau adalah salah satu bentuk sistem angkutan yang digunakan untuk transportasi barang dan penumpang melalui perairan pedalaman. Sistem angkutan ini merupakan angkutan yang sudah berkembang sejak prasejarah yang kemudian berkembang menjadi sistem angkutan utama di wilayah-wilayah tertentu bahkan di wilayah yang lebih maju sistem transportasinya seperti di Eropa.

Dalam pelayaran sungai berbagai macam barang diangkut dari daerah pedalaman ke pelabuhan. Sebaliknya, melalui sungai pula barang-barang dari pelabuhan diditribusikan ke daerah-daerah di pedalaman. Demikian pula terjadi di danau-danau berbagai macam barang diangkut dari dan ke kota-kota disisi lain danau.

Buku ini diharapkan dapat menggugah dan memberikan inspirasi kepada pembaca untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pengembangan angkutan di perairan daratan yang lebih luas di Indonesia.

 

Mahatma Gadhi:

Awalnya mereka meremehkanmu, kemudian menertawakanmu, kemudian melawanmu, lalu kau keluar sebagai pemenang.

  • Penulis: ISKANDAR ABUBAKAR
  • ISBN: 978-979-769-589-7
  • Halaman: 240
  • Tahun Terbit: 2013
, Product ID: 6838

Pin It on Pinterest

Share This