Sistem Pengawasan Lalu Lintas Penerbangan Sipil

Rp92,000

Kalangan masyarakat umum selama ini masih banyak yang tidak atau belum tahu bahwa pergerakan lalu lintas penerbangan (pesawat udara) berjalan seperti lalu lintas darat umumnya toh ada pilot yang mengemudikannya. Mereka juga tidak mengetahui bahwa ruang udara di Indonesia pada umumnya dan langit Jakarta pada khususnya itu dikapling-kapling dan dikontrol oleh unit-unit kerja yang berbeda-beda di mana di dalamnya terdapat ratusan atau ribuan pesawat udara yang terbang lintas atau  berputar-putar di udara menunggu giliran untuk melakukan lepas landas dari suatu landasan pacu, pendaratan ke suatu bandar udara dan/atau memasuki ruang udara yang berada di bawah tanggung jawab unit tetangga.

Dalam kenyataannya, pesawat udara tersebut sebenarnya diatur, dipandu dan dikendalikan oleh petugas di darat yaitu Pemandu/Pengendali Lalu Lintas Penerbangan (Air Traffic Control Officer atau Controller). Pengendalian tersebut meliputi antara lain penentuan urut-urutan keberangkatan/pendaratan, penentuan ketinggian terbang, penentuan arah terbang dan penentuan jalur terbang yang harus dilalui dan sebagainya. Pertanyaannya adalah bagaimana orang (Controller) yang berada di darat (bandar udara) dapat mengendalikan pergerakan pesawat udara ? Untuk mengendalikan pergerakan pesawat udara, Controller menggunakan alat yang populer disebut RADAR (RAdio Detection And Ranging). Istilah radar sudah sangat dikenal oleh masyarakat, akan tetapi bagaimana cara radar bekerja dan kegunaannya  sangat sedikit yang memahaminya.

Buku ini menguraikan peralatan radar tersebut secara lengkap mulai dari sejarah awal penemuan dan penggunaannya sampai perkembangannya di masa datang di mana sistem mengalami pergeseran dari sistem yang berbasis peralatan di darat (seperti RADAR Mode A/C/S dan MLAT) ke sistem yang berbasis peralatan di angkasa/udara yaitu satelit (seperti ADS-B dan ADS-C).

Buku ini sangat berguna bagi personil yang terkait dengan pengaturan, pemanduan dan pengawasan ruang udara baik kalangan sipil maupun militer pada khususnya dan bagi masyarakat penerbangan seperti pilot, teknisi dan petugas operasional penerbangan pada umumnya. Di samping itu, diharapkan buku ini juga dapat menjawab atau memenuhi keinginan masyarakat pecinta matra dirgantara.

  • Penulis: Aminarto Budi Pradana
  • ISBN: 9789797697846
  • Halaman: 314
  • Ukuran: 15,5 X 23 cm
  • Tahun Terbit: 2014
Categories: , , Product ID: 6025