Sistem Kesehatan – Wiku Adisasmito

Rp73,000

Kesehatan mempunyai peranan besar dalam mening- katkan derajat hidup masyarakat, maka semua negara berupaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya. Pelayanan kesehatan ini berarti setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam su atu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, kelompok ataupun masyarakat.

Sistem kesehatan adalah salah satu topik yang sangat diperlukan dalam bidang pendidikan dan pengajaran kesehatan masyarakat. Dunia ilmu kesehatan masyarakat telah banyak berkembang dan diaplikasikan dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan buku-buku ilmiah tentang sistem kesehatan yang dapat menjadi acuan dalam dunia pendidikan kesehatan dan pembangunan kesehatan masyarakat.

Buku ini dapat dipergunakan oleh akademisi seperti mahasiswa, pengajar dan pembuat program kesehatan serta masyarakat umum lainnya yang memerlukan bahan bacaan terbaru mengenai sistem kesehatan. Buku ini diharapkan dapat memberikan pencerahan materi bagi dunia pendidikan dan pembaca yang tertarik dengan isu-isu kesehatan.

Prof. Wiku Adisasmito, PhD adalah Guru Besar di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI untuk beberapa mata kuliah tentang analisis dan pembuatan kebijakan kesehatan. Pendidikan S3 diraih tahun 1995 dan S2 tahun 1990 dari Colorado State University (CSU) Amerika Serikat dan S1 dari IPB Bogor tahun 1988. Ia adalah Alumni Lemhannas RI 2012. Ia mendalami kebijakan, sistem kesehatan, dan penanggulangan penyakit infeksi serta berperan aktif dalam jejaring Tri Dharma di tingkat internasional dan nasional. Beberapa penelitiannya seperti The Asia Flu Capacity: Health System Analysis, Pandemic Influenza Preparedness: Policy Analysis, Surge in demand for health services (Surge Capacity), dan Eco Health Field Building Leadership Initiative merupakan hasil kolaborasi antar institusi  internasional di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia dengan Universitas Indonesia yang mengkaji tentang Kebijakan dan Sistem Kesehatan Nasional, Regional, dan Global. Dialog sistem kesehatan pada forum public dilakukannya pada area penyakit infeksi. Di tingkat global sebagai anggota Dewan Eksekutif CORDS (Coordinating Organizations of Regional Disease Surveillance) yang berkedudukan di Lyon, Prancis. Di tingkat Asia ia menjadi Steering Committee dalam Asian Partnership for Emerging Infectious Disease Research (APEIR) berkedudukan di Bangkok, Thailand. Ia menjadi koordinator INDOHUN, Chapter Indonesia dari South East Asia One Health University Network (SEAOHUN). Di tingkat nasional ia menjadi anggota panel ahli Komisi Nasional Zoonosis.

  • Penulis: Wiku Adisasmito
  • ISBN: 978-979-769-138-7
  • Halaman: 264
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2009

Pin It on Pinterest

Share This