Quo Vadis Kawasan Ekonomi Khusus

Rp117,000

Keberhasilan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau sebaliknya, dipengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain: Pertama, keseimbangan ekonomi makro, khususnya nilai tukar yang mencerminkan keseimbangan pasar. Kedua, lokasi geografis memiliki arti penting dalam hal akses ke pasar ekspor dan kaitan dengan ekonomi domestik. Ketiga, skema insentif yang ditawarkan. Keempat, manajemen kawasan yang efektif dan efisien. Kelima, jaringan infrastruktur dan fasilitas publik yang berkualitas dan memadai. Keenam, keterkaitan dengan ekonomi domestik.

Buku Quo Vadis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini menyajikan informasi dan analisis kritis tentang prinsip-prinsip dasar KEK, pengalaman negara-negara lain dalam implementasi KEK, serta peluang dan tantangan bagi pelaksanaan KEK di Indonesia. Pesan yang ingin disampaikan oleh para narasumber dalam buku ini sangat jelas: bahwa komitmen pemerintah Indonesia untuk melaksanakan KEK patut untuk didukung, namun dalam merealisasikannya disarankan agar tidak semata-mata didasarkan pada “hitung-hitungan” atas peluang dan keuntungan yang dijanjikan oleh KEK, tetapi juga harus “menimbang” kenyataan yang ada.

Buku ini diterbitkan atas kerja sama Penerbit RajaGrafindo Persada dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah.

http:/riauislandsftz.com dan www.bpmpdkepriprov.com

  • Penulis: Syarif Hidayat
  • ISBN: 978-979-769-316-9
  • Halaman: 232
  • Tahun Terbit: 2010
, Product ID: 6017

Pin It on Pinterest

Share This