Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam- Tohirin

Rp64,000

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu (al-‘Alaq [96]: 1)

Tuhanmu agungkanlah (al-Muddatstsir [74]: 57)

Perintah “membaca” hakikatnya tidak saja untuk hal-hal yang bersifat lahiriyah, tetapi juga ruhiyah. Artinya, membaca apa saja, baik tertulis (wahyu qauliyah atau Al-Qur’an dan Hadis) maupun tidak tertulis (wahyu kauniyah atau alam semesta). Memahami orang lain untuk hal-hal yang sifatnya psikologis pun termasuk “membaca”, di mana tingkat kesulitannya justru jauh lebih tinggi ketimbang membaca yang sifatnya lahiriyah atau melisankan apa-apa yang tampak atau tertulis.

Dalam dunia pendidikan, termasuk proses pembelajaran pendidikan agama Islam, memahami atau membaca hal-hal yang tampak (fisik atau jasmaniyah) dan tidak tampak (psikis atau ruhaniyah) sangat penting, karena tidak semua hal-hal yang tampak mencerminkan kepribadian individu secara utuh. Dalam proses pembe- lajaran pendidikan agama Islam, banyak sekali perilaku-perilaku psikologis yang harus dipahami oleh guru. Untuk dapat memahami berbagai aspek psikologis perilaku belajar peserta didik, seorang guru, termasuk guru pendidikan agama Islam, harus memahami prinsip-prinsip keilmuan psikologi, khususnya psikologi pembela- jaran pendidikan agama Islam. Buku ini menyajikan prinsip-prinsip umum psikologi belajar yang bisa diimplementasikan untuk pembelajaran pendidikan agama Islam.

Peningkatan kompetensi mengajar merupakan suatu keniscayaan. Salah satu aspek penting dalam upaya peningkatan kompetensi adalah bagai- mana mengimplementasikan dan memaksimalkan peran psikologi dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Untuk dapat mewujudkan hat tersebut, kehadiran buku diharapkan dapat memberi pemahaman tentang berbagai aspek psikologi, khususnya psikologi pembelajaran, dan dapat membantu para dosen yang mengampu mata kuliah Psikologi Pembelajaran. Selain itu juga, diharapkan dapatmenambah khasanah ilmu pengetahuan.

Prof. Dr. H. M. Nazir

Buku ini sangat penting dimiliki oleh para guru dan calon guru pendidikan PAI, termasuk mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan jurusan Pendidikan Agama Islam, baik S1 maupun D2 di lingkungan IAIN, UIN dan Sekolah Tinggi Agama Islam (Negeri atau Swasta).

  • Penulis: Tohirin
  • ISBN: 979-769-004-0
  • Halaman: 216
  • Tahun Terbit: 2006
, Product ID: 6051

Pin It on Pinterest

Share This