Psikologi Islam – Rafy Sapury

Rp129,000

Modernitas ternyata tidaklah menjamin manusia yang hidup di zamannya menjadi bahagia. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, manusia ternyata gagal menemukan kebahagiaan yang dicarinya. Sebab, proses-proses kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut sangat kering aspek kerohaniannya. Tingkat kriminalitas yang terus mengkhawatirkan, penyalahgunaan narkoba, perilaku destruktif yang sudah menjadi kebiasaan, bunuh diri sebagai solusi untuk mengakhiri himpitan hidup, dan lain sebagainya, menjadi contoh yang menguatkan krisis kepriadian manusia yang hidup si zaman modern ini. Ilmu psikologi diharapkan dapat memberikan solusi atas terjadinya fenomena tersebut.

Namun, psikologi modern (yang dikembangkan Barat) seakan sudah kehilangan spirit (ruh) yang implikasinya sangat mendasar yang berkaitan erat dengan keimanan seseorang. Psikologi modern tidak mampu menyentuh aspek kerohanian setiap manusia.

Di sinilah arti penting psikologi Islam. Psikologi yang kaya dengan khazanah keilmuan Islam klasik ini diakui lebih mampu menyentuh nilai-nilai kerohanian. Sebab, salah satu unsure terpenting dari lahirnya Psikolofi Islam adalah uasaha untuk menempatkan manusia pada posisi yang seharusnya, yaitu berupa posisi kemuliaan yang telah ditetapkan oleh Allah Swt., yang disebut insan kamil.

Buku ini memfokuskan pembahasaannya sekitar diskursus psikologi Islam menurut beberapa pakar yang telah terakumulasi dalam kajian tafsir al-quran tentang sains, trapi kesehatan, gaya pengusaha Muslim, dan eksperimen memahami makna hidup melalui pemahaman ibadah dan motivasi spiritual.

Buku ini penting sekali untuk para mahasiswa Fakultas psikologi, khususnya UIN/IAIN, para akademisi, peneliti dan praktisi psikologi/psikologi islam, pengajar psikologi pada umumnya, serta bagi semua yang sedang mencari solusi altermatif bagi krisis kepribadian manusia di zaman modern ini.

  • Penulis: RAFY SAPURY
  • ISBN: 9789797692193
  • Halaman: 470
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
  • Tahun Terbit: 2009
, Product ID: 6123

Pin It on Pinterest

Share This