Politik Hukum Pecegahan Dan Penanggulangan Judical Crorruption Lembaga Peradilan

Rp42,000

“Saya mengapresiasi hadirnya buku ini. Sebagai praktisi dan akademisi, melalui buku ini, penulis telah berhasil menyajikan data dan analisis pentingnya pencegahan dan penanggulangan judicial corruption yang menyebabkan public distrust terhadap lembaga peradilan. Dengan kajian ilmiah dan pengalaman praktisnya, penulis mampu meyakinkan pembaca akan pentingnya politik hukum pencegahan dan penanggulangan perilaku koruptif para oknum penegak hukum dan urgensinya penguatan kewenangan Komisi Yudisial (KY). Buku ini layak dibaca oleh akademisi, praktisi, dan pemangku kebijakan terutama pemerintah dan DPR untuk menyempurnakan undang-undang KY” (Drs. H. Almuzzammil Yusuf, M.Si. – Wakil Ketua Komisi II DPR Rl, Ketua DPP PKS Bidang POLHUKAM)

“Buku ini penting dan strategis dalam diskursus perbaikan Lembaga Peradilan diIndonesia. Seperti kita ketahui, isu dan fakta judicial corruption di Lembaga Peradilan telah dan terus menjadi sorotan publik. Sepanjang fenomena judicial corruption di lembaga peradilan belum diselesaikan dan restrukturisasi lembaga peradilan secara fundamental tak kunjung dilakukan, maka wacana-wacana maupun nilai-nilai yang dipaparkan dalam buku ini akan selalu menjadi alternatif pilihan strategi politik hukum dalam upaya mencegah dan menanggulangi judicial corruption di lembaga peradilan’.’ (Mustafa Kamal, S.Si. – Anggota DPR Rl)

“Buku ini dapat dijadikan acuan dalam penelitian ilmu hukum. Kebanyakan kajian dan penelitian hukum masih menggunakan salah satu dari dua paradigma, yaitu paradigma rasionalisme dan empirisme. Kebalikan dari itu, buku ini memilih menyajikan bahan-bahan hukum yang dianalisis dengan menggunakan paradigma paling maju dalam paradigma ilmu hukum, yaitu paradigma hermeneutika. Dengan demikian selain dari substansi, buku ini juga dapat dijadikan acuan bagi mereka yang ingin mengenal penelitian ilmu hukum dengan paradigma hermeneutika.” (Dr. Hj. Azizah, S.H., M.Hum. – Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung)

“Membaca buku karya Aulia Rahman ini adalah membaca tentang idealisme, gagasan dan harapan akan keberlakuan serta tegaknya supremasi hukum di Indonesia. Walaupun kita sadari bahwa praktik hukum tidak se-ideal teori hukum. Tapi selama masih ada generasi baru negeri ini yang punya idealisme dan harapan, maka kita masih punya keyakinan bahwa keadilan dan kepastian hukum itu masih mungkin terwujud guna memandu bangsa ini menuju negara yang kuat dan beradab.” (Zainudin Paru, S.H. – Advokat, Pendiri dan Pembina Yayasan Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Indonesia)

“Buku ini memaparkan wacana dan nilai-nilai yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan politik hukum dalam upaya mencegah dan menanggulangi judicial corruption di lembaga peradilan. Selain itu, dipaparkan pula permasalahan judicial corruption di lembaga peradilan diselesaikan dengan menggunakan teori-teori hukum dan kenegaraan. Karena itu, buku ini tidak hanya membantu siapa pun yang ingin mengetahui permasalahan judicial corruption, namun juga bagi siapa pun yang ingin mengenal dan memahami teori-teori hukum dan kenegaraan.”(Erza Saladin, S.T.- Ketua DPW PKS Sumatera Selatan)

  • Penulis: Aulia Rahman, S.H., M.H.
  • ISBN: 9786024251185
  • Halaman: 136
  • Ukuran: 15.5 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2017
Categories: , , Product ID: 7649