Perkembangan Peserta Didik – Syamsu & Nani

Rp45,000

Perkembangan dimaknai sebagai suatu proses perubahan dalam diri individu atau organisme, secara fisik maupun psikis, menuju tingkat kedewasaan atau kematangan. Perkembangan itu berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Secara psikis perkembangan mengarah kepada pembentukan kepribadian, yang sangat menentukan seseorang dalam bersosialisasi.

Di dunia pendidikan proses sosialisasi terdiri dari beberapa tahap, salah satunya adalah  tahap tugas perkembangan. Tugas perkembangan  merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam suatu rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya. Apabila gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya. Oleh karena itu, kemampuan menilai dan memahami lebih jauh tentang perkembangan peserta didik, menjadi syarat penting dalam suatu proses pengajaran.

Aspek tugas perkembangan yang dikaji dalam buku ini disajikan  dalam delapan bab, yaitu : bab 1 membahas hakikat perkembangan; bab 2 membahas periode dan tugas-tugas perkembangan; bab 3 membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan; bab 4 membahas perkembangan usia dini; bab 5 membahas perkembangan masa sekolah; bab 6 membahas perkembangan remaja; bab 7 membahas perkembangan masa dewasa; dan bab 8 membahas peranan guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik.

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa yang menem­puh perkuliahannya di jurusan-jurusan pendidikan, yang akan menjadi guru di berbagai jenjang pendidikan: usia dini, dasar dan menengah. Kehadiran buku ini tentu akan memberikan manfaat bagi pengembangan wawasan para akademisi dan praktisi pendidikan.

  • Penulis: Syamsu Yusuf L.N. & Nani M. Sugandhi
  • ISBN: 978-979-769-329-9
  • Halaman: 170
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
  • Cetakan: 7, 2018

Pin It on Pinterest

Share This