Pengembangan Kurikulum – Hamzah

Rp117,000

Mungkin belum luput dalam ingatan kita tatkala Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anis Baswedan mengumumkan lewat media televisi  bahwa kurikulum “K-13” dibekukan pemberlakuannya dan diajak kembali menerapkan “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”. Sentak semua guru kaget terutama yang sudah memberlakukan kurikulum K-13 tersebut.

Dalam teori pengembangan kurikulum salah satu faktor perlu adanya peninjauan kurikulum pendidikan adalah munculnya perkembangan teknologi yang mengubah sistem dan perilaku masyarakat dalam kehidupan. Caswell (2009) pernah melontarkan bahwa menerapkan kurikulum pendidikan harus mampu melihat perkembangan teknologi saat ini dan kemungkinan teknologi masa depan, agar lulusan yang belajar tentang isi kurikulum sekarang bisa eksis dalam 20 hingga 25 tahun yang akan datang. Paling tidak luaran suatu lembaga pendidikan lima tahun ke depan bisa “siap  pakai” sepuluh tahun ke depan bisa “siap suai” dan lima belas tahun yang akan datang “siap latih” dengan perkembangan teknologi yang muncul saat itu.

Buku yang ada dalam hadapan Anda merupakan buku yang mengulas tentang kurikulum pendidikan kita di Indonesia yang disesuaikan dengan isu perkembangan pendidikan secara teoretis hingga aplikatif sesuai yang berlaku di sekolah saat ini dengan mengacu pada bagaimana rekayasa pedagogik saat ini. Itulah yang melatari pemberian judul buku ini menjadi “Pengembangan Kurikulum: Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran.”

Buku ini mengulas lima belas bab yang berkaitan dengan bagaimana kurikulum dalam konteks pendidikan kita. Bab pertama memuat tentang telaah atas kurikulum pendidikan di Indonesia, disusul dengan bab berikut masing-masing mengulas secara mendalam tentang pendekatan konsentris dalam pengembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum tingkat satuan pendidikan, rekonstruksi masyarakat dan kebudayaan dalam pengembangan pendidikan, peran kurikulum dalam pengelolaan pembelajaran, prinsip pengembangan kurikulum. Kemudian diikuti bab tentang komponen tujuan dalam kurikulum, komponen isi kurikulum, komponen evaluasi dalam kurikulum dan diakhiri dengan berbagai model serta strategi pembelajaran sebagai bagian dari rekayasa pedagogik.

  • Penulis: Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd., dkk
  • ISBN: 978-602-425-257-1
  • Halaman: 368
  • Ukuran: 15,5 X 23 cm
  • Cetakan: 1, 2018
, , Product ID: 10074

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Pengembangan Kurikulum – Hamzah”

Pin It on Pinterest

Share This