Pengantar Teori dan Aplikasi Pengembangan Kurikulum PAI – Suparta

Rp78,000

Kurikulum adalah bagian yang penting dalam dunia pendidikan. Ia bagaikan acuan, rambu dan pedoman kemana arah pendidikan itu akan dibawa. Karena itu, walaupun sudah ada infrastruktur pendidikan, pengajar dan peserta didik, namun tanpa adanya kurikulum, pendidikan laksana kapal yang berlayar tanpa kompas dan tujuan. Sebab itu, kurikulum merupakan bagian yang amat vital dalam dunia pendidikan, tak terkecuali dalam pendidikan agama Islam (PAI).

Buku ini memaparkan tentang kurikulum khususnya tentang teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI. Terdiri atas 14 bab, pembahasan buku ini dibuka dengan pemaparan tentang pengertian, fungsi dan paradigma kurikulum. Disusul dengan pembahasan tentang prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan pengembangan kurikulum PAI. Asas-asas pengembangan kurikulum PAI mulai dari asas religi, asas filosofi, asas psikologi dan asas sosiologi menjadi pemahasan selanjutnya. Setelah itu, dibahas terkait kurikulum muatan lokal, model-model pengembangan kurikulum lokal dan model kurikulum lokal berbasis akhlak. Lalu disambung dengan pembahasan tentang sejarah kebijakan kurikulum PAI dan peran guru dalam pengembangan kurikulum PAI. Di bagian akhir buku ini disajikan pembahasan mengenai implementasi kurikulum PAI berbasis kompetensi dan reorientasi kurikulum PAI.

Buku ini dapat dibaca khususnya oleh mahasiswa-mahasiswi yang tengah menempuh studi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Selain itu, bisa digunakan pula oleh para tenaga pengajar dari sekolah-sekolah berbasis ajaran Islam ataupun para dosen dari berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia.

  • Penulis: Dr. Suparta, M.Ag.
  • ISBN: 9789797699994
  • Halaman: 324
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2016
, Product ID: 6120

Pin It on Pinterest

Share This