Pengantar Filsafat Barat – Zainal Abidin

Rp40,000

Pemikiran Filsafat dimulai dari masa Yunani Kuno (abad ke-5 SM dan abad-abad sebelumnya) hingga dewasa ini (kontemporer), yaitu  filsafat Yunani, filsafat Islam, filsafat India, filsafat Cina,  dan filsafat Barat yang dimulai dari Abad Pertengahan, Abad Pencerahan hingga Abad XX yang usia keseluruhannya kira-kira 2500 tahun. Keseluruhan filsafat tersebut dikelompokkan ke dalam Filsafat Barat dan Filsafat Timur.

Filsafat Barat dan Filsafat Timur memiliki perbedaan cukup mendasar dalam menginterpretasikan aspek-aspek tertentu dalam kehidupan, antara lain dalam memberi makna pada kedudukan manusia (individu), Tuhan, realitas, dan Agama.

Buku ini mengulas tentang fisafat Barat yang memainkan perang cukup penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sebab di dalam kelompok filsafat Barat terdapat filsafat Yunani Kuno. Dalam buku ini dideskripsikan secara ringkas sejarah Filsafat Barat dan beberapa pemikiran filsafatnya , ciri-ciri pemikiran Filsafat dari  setiap zaman, dan pemikiran sejumlah filosof  Yunani Kuno, Abad Pertengahan, Abad Modern dan  Abad Kontemporer.

Salah satu contoh pemikiran filosof kontemporer bernama Ernst Cassirer, juga diulas. Pemikirannya banyak mengajukan sejumlah ilustrasi yang digunakan dalam riset-riset di bidang ilmu pengetahuan (Psikologi, Biologi dan Antropologi) untuk memperjelas kaitan  antara filsafat dan ilmu pengetahuan.

  • Penulis: Dr Zainal Abidin
  • ISBN: 978-979-769-336-7
  • Halaman: 168
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2011
, Product ID: 6242

Pin It on Pinterest

Share This