Pengantar Falsafah Ekonomi dan Keuangan Syariah – Saiful Anwar

Rp119,000

Dilatarbelakangi oleh kegelisahan para penulis di mana pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yang mengalami stagnasi, jalan di tempat. Alih-alih menjadi alternatif, industri keuangan syariah dinilai mengalami pergeseran tujuan dan cara, membuat masyarakat mempertanyakan kembali apa yang membedakan ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional.

Buku yang diberi judul Pengantar Falsafah Ekonomi dan Keuangan Syariah ini ditujukan bagi para akademisi dan praktisi yang ingin mengetahui bagaimana sebuah konstruksi ekonomi Islam itu dibentuk dan bagaimana peran syariah yang sesungguhnya pada pengelolaan industri keuangan. Para penulis menggunakan maqoshid syariah sebagai fondasi dalam merekonstruksi etika, moral, hingga tujuan dan implementasinya dalam pengembangan ekonomi syariah, sehingga buku ini layak dijadikan sebagai panduan arah bagi para praktisi dalam mengelola industri keuangan syariah. Penjelasan yang cukup detail antara teori maqoshid syariah dan praktiknya menjadikan buku ini layak untuk dijadikan sebagai buku ajar dalam mata kuliah yang mengajarkan tentang sistem dan lembaga keuangan Islam.

Buku ini diyakini memberikan insight tersendiri karena mengangkat isu-isu yang fundamental yang sering dilewatkan para praktisi karena terlalu fokus pada target-target keuangan. Selain itu, para penulis menyajikan paparannya lengkap dengan sumber-sumber rujukan yang kompeten sehingga pembaca diberikan kemudahan untuk menelusuri kembali pola pikir para ulama-ulama salaf dan khalaf yang membangun peradaban ekonomi Islam.

Sebagaimana judulnya, buku ini akan menjadi pengantar bagi buku selanjutnya mengenai praktik lembaga-lembaga keuangan syariah baik yang bersifat nasional maupun global, sehingga memperkaya khazanah keilmuan ekonomi dan keuangan Islam.

  • Penulis: SAIFUL ANWAR
  • ISBN: 978-602-425-330-1
  • Halaman: 370
  • Ukuran: 15.5 x 23 cm
  • Cetakan: 1, 2018

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Pengantar Falsafah Ekonomi dan Keuangan Syariah – Saiful Anwar”

Pin It on Pinterest

Share This