Pencegahan Stunting: Pentingnya Peran 1000 Hari Pertama Kehidupan – Endang L. Achadi

Rp109,000

, Product ID: 22295

Deskripsi

Mencegah stunting sekarang berarti mencegah rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia tiga generasi ke depan

… di dalam batasan yang luas yang ditentukan oleh gen yang kita warisi, setiap diri kita mempunyai suatu rentang pilihan hidup masing-masing. Lingkungan kita, yaitu di dalam kandungan dan beberapa bulan setelah lahir, memilihkan jalan khusus untuk pertumbuhan dan perkembangan yang kita jalani …. Orang membicarakan tentang anak yang tumbuh mengikuti potensi genetiknya, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah anak tumbuh menyesuaikan diri dengan lingkungannya (Barker, 2008). … Artinya, dari gen yang diturunkan kepada kita, masih terbentang luas peluang untuk menciptakan jalan kita masing-masing dengan memberikan lingkungan yang sebaik-baiknya kepada anak kita, agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Peluang itu bernama periode “Seribu Hari Pertama Kehidupan” atau 1000 HPK (yaitu 270 hari di dalam kandungan dan 730 hari dalam 2 tahun pertama setelah lahir).

Memperbaiki gizi periode 1000 HPK pada generasi sekarang akan sangat menentukan masa depan anak Indonesia tiga generasi berikutnya, untuk menjadi bangsa yang sehat, cerdas, dan produktif.

Kontributor:

Endang L. Achadi, Abdul Razak Thaha, Anhari Achadi, H. Ari Fahrial Syam, Asih Setiarini, Diah M. Utari, Dicky L. Tahapary, Fasli Jalal, Hardiono D. Pusponegoro, Kusharisupeni, Latifah Farsia, Rina Agustina, Rini Sekartini, Safarina G. Malik, Tiara Aninditha, Wahyu Kurnia Yusrin Putra.

 

 

Penulis: Prof. dr. Endang L. Achadi, M.P.H., dkk.

ISBN: 978-623-231-475-7

Halaman: 194 Halaman

Ukuran: 18 x 25,5 cm

Tahun: 2020

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Pencegahan Stunting: Pentingnya Peran 1000 Hari Pertama Kehidupan – Endang L. Achadi”

Pin It on Pinterest

Share This