Pemikiran Politik Islam – Sirajuddin Aly

Rp118,000

Sejak kelahirannya, Islam memberikan perhatian sangat besar pada upaya terciptanya tatanan kehidupan masyarakat yang teratur dan beradab. Hakikat ini bukan saja ditunjukkan oleh banyaknya ayat Al-Qur’an yang membicarakan kehidupan sosial-politik, tetapi juga ditunjukkan melalui praktik kehidupan masyarakat Muslim awal di Madinah di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Ayat-ayat Al-Qura’n dan pratik kehidupan komunitas Muslim di Madinah tersebut telah menginspirasi para tokoh Islam untuk menggali pemikiran politik Islam, yaitu suatu politik yang bertujuan menciptakan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera melalui pengelolaan kehidupan sosial politik, ekonomi, hukum, pendidikan, dan sebagainya.

Buku ini membicarkan pemikiran politik Islam. Terdiri dari beberapa bab, buku ini dibuka dengan pembahasan tentang pendekatan dan dasar politik Islam. Berikutnya, pembahasan tentang  gerakan sosial keagamaan dan politik era Makkah dan orientasi politik era Madinah. Selanjutnya, dibahas dinamika politik era empat Khulafa al-Rasyidin dan kebijakan politik empat Khulafa al-Rasyidin. Kemudian dibahas pemikiran politik Ibnu Abi Rabi’, pemikiran politik Al-Farabi dan pemikiran politik Al-Mawardi. Setelah itu, dibahas tentang pemikiran politik Al-Ghazali, pemikiran politik Ibnu Taimiyah dan pemikiran politik Ibnu Khaldun.

Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa-mahasiswi dari perguruan tinggi di Indonesia, terutama yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Selain itu, buku ini dapat dibaca pula oleh para akademisi, praktisi, atau mereka yang berminat mengetahui dan mendalami pemikiran politik Islam.

  • Penulis: Dr. Sirajuddin Aly, M.A.
  • ISBN: 978-602-425-442-1
  • Halaman: 368
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2018
, , Product ID: 13886

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Pemikiran Politik Islam – Sirajuddin Aly”

Pin It on Pinterest

Share This