OTONOMI PENDIDIKAN

Rp61,000

Kehadiran Undang-Undang Otonomi Daerah telah membawa sejumlah perubahan dalam tatanan pemerintahan, terutama dengan diserahkannya sejumlah kewenangan kepada daerah, yang semula menjadi urusan pemerintah pusat. Salah satunya adalah di bidang pendidikan. Kewenangan tersebut menuntut adanya perubahan berupa pembaruan sistem pendidikan yang sekian lama dikelola secara sentralistik oleh pemerintah pusat dengan menafikan keragaman, perbedaan, kultur, agama, dan sebagainya yang menyebabkan terpuruknya kualitas pendidikan di Indonesia.

Banyak orang beranggapan bahwa pelaksanaan otonomi daerah memberikan harapan akan perbaikan penyelenggaraan pendidikan yang pada gilirannya meningkatkan kualitas out put-nya. Namun, ternyata harapan itu menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah banyak pemegang kebijakan yang pola pikirnya masih sangat prosedural, serba juklak, juknis sehingga menghambat lahirnya kreativitas, motivasi, dan upaya-upaya inovatif.

Hadirnya buku yang memaparkan berbagai perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai akibat diimplementasi-kannya kebijakan otonomi daerah ini diharapkan mampu membuka wawasan tentang arti pentingnya otonomi di bidang pendidikan. Konsep-konsep tentang desentralisasi pendidikan, peningkatan kapasitas otonomisasi sekolah, pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), pemberdayaan Komite Sekolah, pengelolaan sistem manajemen pendidikan di sekolah, otonomi perguruan tinggi, dan otonomi pada lembaga-lembaga pendidikan Islam yang diuraikan dalam buku ini sangat perlu dipahami oleh pemegang kebijakan, pelaku di bidang pendidikan, dan masyarakat selaku stakeholder dalam pengelolaan pendidikan. Dengan demikian, diharapkan penyelenggaraan pendidikan menjadi lebih baik dan kualitas lulusannya dapat lebih ditingkatkan.

  • Penulis: HASBULLAH
  • ISBN: 979-769-059-8
  • Halaman: 242
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
, Product ID: 6122

Pin It on Pinterest

Share This