Nusantara dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)

Rp93,000

Nusantara merupakan kondrat bangsa Indonesia yang menuntut revolusi mental maritim dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat. Eksistensi Nusantara sudah diuji oleh ruang, waktu, keadaan, dengan berbagai pertaruhan terhadap keberagaman. Budaya dan Mental Nusantara harus dapat menjiwai semua insan Indonesia karena mempunyai daya lenting seluas dan sedalam samudera, yang bisa menyerap, membaur, mengadopsi, merekonstruksi berbagai unsur budaya yang ada di dunia tanpa mencemari dan melenyapkan jati diri ke-Indonesia-annya.

Tidak ada yang membantah bahwa Indonesia merupakan Poros Maritim Dunia dengan posisi sangat strategis bagi pergerakan manusia, komoditas barang dan jasa, serta kekuatan militer dunia. Perubahan dan pergerakan ekonomi, sosial, politik dan pertahanan keamanan menempatkan Indonesia sebagai titik sentral perebutan kepentingan regional dan global. Kepentingan utama Indonesia adalah keamanan dan keutuhan Nusantara serta perlindungan sumber daya alam bagi kesejahteraan Indonesia.

Indonesia telah menetapkan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Penentapan ALKI diapresiasi oleh banyak negara, akan tetapi tidak sedikit yang mempertanyakan dan mempermasalahkan penetapan itu.  Hal ini menimbulkan berbagai insiden di lapangan. Buku ini menganalisa permasalahan Nusantara dan poros maritim yang dikaitkan dengan alur laut kepulauan terutama dari aspek historis, hukum, teknis, dan operasional.

Banyak Kasus terkait lintas di Indonesia dan diyakini akan selalu muncul kembali, maka langkah-langkah antisipasi perlu untuk disiapkan dengan tetap mengedepankan kepentingan Nusantara Indonesia.

  • Penulis: KRESNO BUNTORO
  • ISBN: 9786024251284
  • Halaman: 276
  • Ukuran: 15.5 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2017
Categories: , , Product ID: 7733

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Nusantara dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)”

Your email address will not be published. Required fields are marked *